Bagikan:

YOGYAKARTA – Membersamai anak-anak belajar hal baru, harus dengan cara yang kreatif. Termasuk membantu mereka menambah kosakata baru, harus dengan aktivitas yang membuat mereka senang supaya tak bosan. Suasana  bermain juga perlu dilakukan. Untuk itu, berikut ide kreatif yang bisa bantu anak-anak belajar kosakata baru.

1. Bercerita tentang hari mereka

Aktivitas seharian, bisa jadi inspirasi untuk memunculkan kosakata baru yang mulai dipahami anak tentang maknanya. Bisa kata benda bisa pula kata sifat bahkan kata kerja. Misalnya, setelah pulang dari makan siang, minta anak bercerita tadi bertemu apa saja dan apa yang menarik buatnya. Bahas satu kata yang menurutnya asing dan ajak anak menggali makna serta kapan waktu yang tepat memakai kata tersebut.

2. Ajak membaca bersama

Kalau anak Anda sudah bisa membaca, mengajaknya rutin membaca bersama setiap hari bisa memberi kesempatan mereka belajar. Mulai dari memahami makna kata hingga menemukan kata baru dan berdiskusi tentang kata baru tersebut. Melansir National Association for the Education of Young Children, Kamis, 3 Oktober, membaca banyak buku yang diinginkan anak membantu mereka memahami dan mempelajari kata-kata baru.

cara kreatif membantu anak-anak belajar kosakata baru
Ilustrasi cara kreatif membantu anak-anak belajar kosakata baru (Freepik)

3. Buka percakapan selama membaca cerita

Ketika anak membaca, ortu perlu membuka kesempatan bercakap-cakap. Jadi tidak hanya membaca, tetapi juga membahas detail kata yang oleh anak dianggap baru. Ortu penting memberi petunjuk dan mengarahkan percakapan sehingga tetap menyenangkan.

4. Jadikan rumah sebagai tempat bermain huruf dan kata

Anda bisa memberi ruang tertentu yang khusus dipakai anak untuk mengekplorasi huruf dan kata. Misalnya dengan tempelan huruf magnetik. Bisa juga dengan minta anak membantu Anda menulis daftar belanjaan atau menu makan untuk minggu tersebut.

5. Main ke perpustakaan

Perpustakaan bisa jadi tempat yang dikunjungi rutin, misalnya setiap dua minggu sekali. Di perpustakaan, biarkan anak mengeksplor bacaan yang ia sukai. Ini juga memantik semangat mereka untuk belajar kosakata baru. Bahkan bisa membentuk kebiasaan suka membaca.

6. Nyanyikan lagu anak-anak

Selain membaca, berdendang dan menyanyi juga jadi salah satu cara membantu anak belajar kosakata baru. Tentu saja mengajarkan anak menyanyi sekaligus memahami maksud lagu tersebut dan kata-kata didalamnya.

7. Buat proyek seni tentang cerita yang anak-anak baca

Membangun praktik literasi di keluarga, penting juga menunjukkan bahwa upaya anak-anak dihargai. Berbicara dan membaca buku setiap hari sangat penting untuk menambah kosakata baru. Maka jelajahi topik yang disukai anak Anda, kemudian supaya tidak menguap, ajak anak membuat proyek seni dari buku cerita yang mereka baca.

Di atas ialah cara kreatif membantu anak belajar kosakata baru. Ini bisa dipraktikkan juga saat anak mulai belajar bahasa asing, seperti bahasa Inggris atau Prancis. Dengan cara di atas, anak bisa tetap senang dalam prosesnya belajar.