Bagikan:

YOGYAKARTA - Mempelajari bahasa Inggris sangatlah penting di era sekarang. Tidak hanya untuk kebutuhan studi, keterampilan berbahasa Inggris juga berguna untuk mengembangkan karier dan bisnis. Saat ini cara belajar bahasa Inggris jua semakin mudah melalui berbagai platform digital. 

Mengingat banyaknya media untuk belajar bahasa asing secara gratis, bukan jadi alasan lagi buat malas latihan menguasai bahasa Inggris. Di balik itu, banyak orang menyerah di tengah perjalanan ketika mencoba mempelajari bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris memang terkesan sulit dan membosankan. Selain harus konsisten dan gigih, belajar bahasa Inggris bisa terasa asik dan menyenangkan apabila caranya menarik. Lantas apa saja metode terbaik untuk menguasai bahasa Inggris tanpa kesulitan?

Cara Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Penyebab banyak orang gagal mempelajari bahasa Inggris karena menganggapnya susah terlebih dahulu. Padahal aktivitas belajar bahasa Inggris bisa terasa mudah dan menyenangkan asalkan dilakukan dengan metode yang atraktif atau menarik. 

Berikut ini beberapa cara terbaik belajar bahasa Inggris agar tidak bosan dan lebih cepat menguasai:

Menggunakan Flashcard

Flashcard merupakan bentuk kartu yang berisi kata-kata dari kategori tertentu, seperti binatang, warna, atau makanan. Meskipun sering dianggap membosankan, metode ini terbukti efektif untuk menghafal karena kata-katanya diulang terus menerus.

Flashcard dapat Anda buat sendiri dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa membeli berbagai jenis flashcard Bahasa Inggris yang tersedia di pasaran. Biasanya produk flashcard yang dijual ini dilengkapi dengan gambar sehingga lebih menarik.

Membaca Buku Berbahasa Inggris

Bagi pemula, mulailah dengan membaca buku anak-anak berbahasa Inggris. Buku anak-anak tidak hanya penuh dengan gambar menarik, tetapi juga menggunakan kosa kata dan tata bahasa dasar yang digunakan sehari-hari.

Setelah mulai mahir atau mengenali banyak kosakata, Anda bisa secara bertahap membaca buku yang lebih sulit seperti novel fiksi atau buku pengembangan diri. Coba cari buku-buku impor berbahasa Inggris dengan tema dan topik kesukaan Anda. 

Menonton Film Tanpa Subtitle

Metode berikut ini mungkin sudah kerap Anda dengar. Disarankan untuk sering menonton film berbahasa Inggris sebagai cara meningkatkan kecakapan bahasa asingmu. Anda bisa memutar film melalui Netflix, YouTube, maupun platform lainnya. 

Biar aktivitas menonton semakin mendongkrak semangat, Anda bisa memilih film kesukaan Anda. Pertama, nyalakan subtitle dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pause atau hentikan video setiap kali terdapat kalimat yang membingungkan. Tulis dan terjemahkan kalimat tersebut. Ulangi cara ini setiap hari.

Mendengar Musik Berbahasa Inggris dan Menulis Liriknya

Anda mungkin tanpa sadar belajar bahasa Inggris saat mendengarkan lirik lagu berbahasa Inggris. Mendengarkan musik adalah metode yang sering digunakan untuk mengajarkan bahasa pada anak kecil. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak bisa memanfaatkan cara ini. 

Anda juga bisa belajar bahasa Inggris melalui aktivitas mendengarkan musik. Pilihlah jenis lagu favorit Anda agar lebih menyenangkan. Jangan lupa juga pelajari arti liriknya untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda.

Membaca Berita dan Artikel Bahasa Inggris

Sering membaca berita dan artikel dalam Bahasa Indonesia? Cobalah mulai mencari berita terkini dalam Bahasa Inggris, baik itu berita tentang bisnis, selebriti, atau kesehatan. Beberapa situs populer yang  bisa Anda jadikan pilihan, di antaranya CNN, Dailymail, dan Yahoo News. Masih ada juga banyak sumber berita lainnya yang bisa Anda telusuri.

Mendengar Podcast Berbahasa Inggris

Di era digital ini, podcast semakin populer di kalangan anak muda Indonesia. Dari cerita komedi, olahraga, hingga sosial budaya, podcast bisa didengarkan sambil melakukan berbagai aktivitas. Anda juga bisa memanfaatkan podcast sebagai media untuk belajar bahasa Inggris

Sesekali, cobalah mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah melalui Spotify atau Apple Podcast. Mulailah dengan podcast yang menyampaikan berita singkat atau tema yang Anda sukai.

Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa

Belajar bahasa Inggris tidak perlu mahal. Ada banyak aplikasi gratis yang bisa membantu Anda untuk mahir berbahasa Inggris. Misalnya, Anda bisa menggunakan aplikasi menulis gratis Grammarly yang bisa memeriksa tata bahasa dan kosakata bahasa Inggris Anda.

Bagi pengguna smartphone, cobalah unduh aplikasi DuoLingo. Aplikasi ini cukup populer untuk belajar berbagai bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, bahkan Indonesia. Selain itu, masih ada banyak aplikasi belajar bahasa asing lainnya yang dapat Anda gunakan. 

Demikianlah beberapa cara terbaik belajar bahasa Inggris yang bisa Anda ikuti. Jika selama ini Anda merasa bosan dan kesusahan dalam meningkatkan penguasaan bahasa Inggris, coba terapkan metode-metode di atas. Baca juga aplikasi belajar bahasa Jepang yang menarik

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.