6 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang dengan Metode Pembejalaran Menarik
Ilustrasi aplikasi belajar bahasa Jepang (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa asing yang cukup populer di Indonesia, khususnya kalangan anak muda. Banyak orang yang tertarik belajar bahasa Jepang karena ingin melanjutkan studi di negara tersebut, bekerja, maupun sekadar liburan. Jika Anda salah satunya, ada aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa Anda manfaatkan. 

Belajar bahasa Jepang bisa dilakukan dengan mudah di era digital seperti sekarang ini. Semua orang punya kesempatan untuk mempelajari bahasa Jepang. Salah satu sosok yang cukup menginspirasi adalah pegawai Indomaret bernama Vania yang bisa berbicara bahasa Jepang dengan fasih. Vania mengaku belajar bahasa Jepang secara otodidak dari kebiasaannya menonton anime. 

Jadi belajar bahasa Jepang bisa dilakukan secara otodidak asalkan dilakukan secara konsisten dan dengan niat yang bersungguh-sungguh. Bagi Anda yang ingin menguasai bahasa negara sakura ini, Anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi belajar bahasa Jepang untuk latihan secara mandiri. 

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Jika dulu orang-orang harus mendaftar kursus untuk bisa menguasai bahasa Jepang, kini Anda bisa belajar sendiri cukup melalui smartphone. Anda bisa belajar bahasa Jepang kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store. 

Berikut ini beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa Anda gunakan untuk latihan sendiri di rumah:

HeyJapan: Learn Japanese

Salah satu aplikasi yang sudah populer digunakan banyak orang untuk belajar bahasa Jepan adalah HeyJapan: Learn Japanese. Aplikasi ini membantu Anda latihan bahasa Jepang secara mudah melalui smartphone. HeyJapan menyediakan metode belajar yang menarik dan tidak membosankan. 

HeyJapan menyediakan layanan 40 menit belajar bahasa Jepang setiap hari bagi penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mempelajari kosa kata, kalimat baru tata bahasa, hingga berlatih berbicara dan mendengarkan bahasa Jepang dengan cermat. Kegiatan itu menyisakan 20 menit yang dapat kamu gunakan untuk merevisi pelajaran sebelumnya.

DuoLingo

Aplikasi DuoLingo sangat terkenal sebagai andalan para pelajar atau anak muda untuk belajar bahasa asing. Banyak pengguna DuoLingo yang memberikan review bahwa aplikasi ini telah membantu mereka dalam mempelajari berbagai bahasa untuk persiapan studi ke luar negeri. 

Salah satu layanan pembelajaran bahasa yang disediakan dalam aplikasi DuoLingo adalah bahasa Jepang. Aplikasi ini menyediakan beragam metode pembelajaran yang atraktif dan menyenangkan, sehingga Anda bisa belajar bahasa asing tanpa merasa bosan. Anda bisa mempelajari kosakata baru menggunakan kartu flash atau metode pembelajaran lainnya yang bersifat interaktif. 

LingoDeer

Aplikasi belajar bahasa Jepang lainnya yang juga digunakan oleh banyak orang Indonesia adalah LingoDeer. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store untuk memudahkan pembelajaran bahasa asing melalui smartphone. LingoDeer memiliki 150 pelajaran bahasa Jepang yang bisa Anda akses untuk belajar secara otodidak.

Menariknya lagi, LingoDeer juga menyediakan klip audio untuk membantu penggunanya meningkatkan kemampuan pengucapan atau pelafalan bahasa Jepang secara benar dan akurat. Dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 2.000 kata dan frasa yang bisa Anda pelajari. Selain itu, metode pembelajarannya juga menarik karena menggunakan karakter katakana, hiragana, dan romaji.

Simple Learn Japanese

Jika Anda mencari aplikasi belajar bahasa Jepang yang sederhana dan mudah untuk pemula, aplikasi Simple Learn Japanese cocok untuk Anda pilih. Aplikasi ini menyediakan berbagai metode pembelajaran yang atraktif dan menarik, mulai dari permainan kartu bahasa, buku frasa, kuis, pengucapan, dan sebagainya. 

Aplikasi Simple Learn Japanese menyediakan buku frasa dengan lebih dari 1200 frasa bahasa Jepang untuk Anda pelajari. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merasakan pengalaman belajar bahasa Jepang yang mudah dan menyenangkan untuk membantu menguasai bahasa negeri sakura tersebut. 

Drop: Learn Japanese

Rekomendasi aplikasi bahasa Jepang selanjutnya adalah Drop: Learn Japanese. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang mencari tutorial bahasa Jepang yang lebih baru atau terkini. Aplikasi menyediakan layanan pembelajaran bahasa Jepang dalam waktu 5 menit sehari untuk penggunanya. 

Aplikasi Drop: Learn Japanese juga memberikan penyorotan kosakata dan kalimat bantuan tata bahasa yang lebih mudah. Aplikasi ini juga menyediakan sekitar 1.700 kata dalam 99 topik untuk memudahkan pemula yang baru belajar bahasa Jepang. 

Busuu

Busuu juga termasuk salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa Anda unduh dan gunakan di smartphone. Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik yang mendukung kenyamanan Anda dalam mempelajari bahasa Jepang, mulai dari latihan akses, tips tata bahasa, hingga lebih dari 150 kursus. 

Aplikasi Busuu juga menyediakan layanan belajar offline alias tanpa koneksi internet. Jadi Anda tetap bisa belajar bahasa Jepang meski ponsel tidak tersambung koneksi internet. Selain itu, Busuu juga menghadirkan opsi berlangganan bagi pengguna yang ingin mendapatkan pengalaman belajar secara lengkap. 

Demikianlah beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa Anda gunakan oleh pemula. Sejumlah aplikasi sangat membantu Anda yang ingin menguasai bahasa Jepang baik untuk tujuan studi, pekerjaan, maupun traveling ke negeri matahari terbit tersebut. Baca juga tools AI cek grammar bahasa Inggris

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.