Bagikan:

YOGYAKARTA – Bahasa tubuh sebagai isyarat nonverbal, sering kali tanpa disadari memicu misinterpretasi atau salah paham. Isyarat nonverbal ini mengundang berbagai impresi bagi yang menangkapnya. Bahkan kerap salah ditanggapi oleh orang lain. Maka, biar tepat pesannya dan enggak bikin orang lain salah paham, kenali isyarat nonverbal berikut.

1. Gerak alis cepat atau eyebrow flash

Saat Anda berjalan dan melihat seorang teman, mungkin tak segera ingin menyebut nama tetapi hanya menggerakan alis cepat. Menurut etologis atau profesional yang mempelajari tingkah laku Eibl-Eibesfeldt, gerakan nonverbal ini biasanya terjadi tiba-tiba ketika melihat seseorang yang kita kenal. Sapaan ini sangat umum meskipun memicu perdebatan soal makna dibalik isyarat ini. Bisa terkait dengan sapaan akrab dan spontan, tetapi bisa juga diinterpretasikan lain berdasarkan pengalaman seseorang dengan orang yang melakukannya.

2. Mengedipkan mata

Kedipan secara fisiologis untuk melumasi mata, jelas Ronald E. Riggio, Ph.D., profesor leadership dan psikologi organisasional dilansir Psychology Today, Senin, 7 Agustus. Penelitian menunjukkan bahwa kedipan juga bentuk komunikasi. Buktinya, beberapa orang melihat kedipan pendek sebagai isyarat bahwa mereka mendengarkan atau memperhatikan. Sedangkan kedipan panjang menunjukkan kelalaian atau berpotensi bosan.

isyarat nonverbal yang kerap bikin misinterpretasi
Ilustrasi isyarat nonverbal yang kerap bikin misinterpretasi (Freepik/Stockking)

Saat berkedip dan pupil membesar, terbukti menandai seseorang sedang tertarik pada sesuatu. Misalnya saat bertemu dengan kekasih atau murid tertarik dengan pelajaran tertentu. Kemungkinan besar, berkaitan dengan minat tetapi kerap tak disadari isyarat ini.

3. Ekspresi wajah mikromomenter

Ekspresi wajah manusia adalah salah satu komunikasi nonverbal terbaik yang menggambarkan emosi. Namun, ketika Anda belajar memantau ekspresi lawan bicara, tak menutup kemungkinan ia menyembunyikan perasaan sebenarnya. Meskipun seseorang berusaha menyembunyikan emosi, ekspresi mikro terlihat sekitas dan memungkinkan dibaca oleh lawan bicaranya.

4. Tepuk tangan

Bahasa tubuh nonverbal tetapi bisa berirama ini, sering dikaitkan dengan konformitas. Terkadang dilakukan secara sadar, misalnya saat gelaran pertunjukan berakhir. Bisa juga tiba-tiba saat Anda bersemangat. Isyarat ini, juga kerap mengundang impresi bahkan misinterpretasi. Karena saat menyindir pun, seseorang juga bisa membunyikan kedua telapak tangannya keras-keras.

isyarat nonverbal yang kerap bikin misinterpretasi
Ilustrasi isyarat nonverbal yang kerap bikin misinterpretasi (Freepik/Racool_studio)

5. Menatap

Kalau Anda melihat seseorang yang menarik, atau mungkin seseorang dengan tanda aneh, biasanya dilakukan dengan waktu beberapa saat. Perilaku menatap ini kerap tak disengaja berdasarkan dorongan tertentu. Bisa karena tertarik, bisa karena penasaran, bisa juga menandai ketertarikan seksual. Jelas Riggio, komunikasi nonverbal cukup halus tetapi rumit.

6. Isyarat gugup

Beberapa orang memiliki kebiasaan mengayun-ayunkan kaki atau menggosokkan kedua tangan. Isyarat ini kerap dipahami sebagai gerakan saat gugup atau cemas. Meskipun enggak selalu, tetapi bisa dipakai menilai kejujuran atau indikator kebohongan.

7. Berjabat tangan

Berjabat tangan adalah bahasa tubuh yang dilakukan sukarela, tetapi bisa juga tanpa disadari. Ketika bertemu seseorang, kemudian mengulurkan tangan. Perilaku ini ritualistik, seperti sapaan, tetapi kadang kita tak menyadari melakukannya.

Itulah isyarat nonverbal yang sering kali mengundang minsinterpretasi. Apakah Anda sering mengamati lawan bicara Anda? Mana diantara ketujuh bahasa isyarat di atas yang kerap Anda temui dan membuat kesan tak biasa.