Bagikan:

JAKARTA - Sebuah penelitian tentang komunikasi nonverbal, yakni bahasa tubuh, mengungkap cara-cara umum pasangan dalam mengkomunikasikan rasa cinta dan sayang untuk satu sama lain. Meski ada beberapa tanda yang tak bisa dibaca orang dan hanya diketahui oleh pasangan itu sendiri. Tapi ada isyarat bahasa tubuh yang sangat jelas menampakkan kalau pasangan sedang jatuh cinta. 

Melansir laman Psychology Today, Selasa, 9 Juli, berikut tanda-tandanya;

Isyarat Wajah

Bahasa tubuh pasangan jatuh cinta terlihat dari wajah. Isyarat halus pada wajah dan mata sangat penting dalam menyampaikan cinta dan sayang. Pasangan yang sedang jatuh cinta cenderung mendekatkan tubuh mereka satu sama lain, sehingga memungkinkan perhatian visual lebih besar terhadap isyarat wajah yang halus. 

Secara umum, sepasang kekasih menampilkan emosi positif dalam ekspresi wajah mereka, namun, tidak seperti ekspresi gembira, emosi tersebut lebih teredam dan halus. Senyumnya hanya sekilas atau alis terangkat sesaat, yang hanya dapat dideteksi oleh pasangan. Isyarat lain yang lebih jelas yaitu saling menatap. Faktanya, salah satu cara mengukur tingkat cinta pada pasangan adalah jumlah waktu mereka melakukan kontak mata.

Sinkronisasi Interaksional

Pasangan yang sedang jatuh cinta cenderung bergerak selaras satu sama lain. Pakar komunikasi dan hubungan nonverbal John Gottman menyebut isyarat bahasa tubuh tertentu sebagai respon nonverbal. Respon bisa berupa pandangan, sentuhan, atau isyarat bahasa tubuh apa pun yang memberi tahu orang lain, “Aku peduli padamu dan ingin terhubung denganmu.” Faktanya, Gottman dan rekannya berpendapat bahwa ketika salah satu pasangan terus-menerus tidak menanggapi respon pasangannya, ini bisa jadi indikasi bahwa hubungan cinta di antara keduanya semakin berkurang.

Perilaku Menggoda

Meskipun pasangan dapat menggoda satu sama lain dengan berbagai cara, beberapa isyarat nonverbal dari rayuan sangat umum terjadi. Misalnya, mengubah nada suara menjadi lebih lembut merupakan isyarat rayuan yang khas dan sangat efektif jika digunakan oleh wanita. 

Pria lebih sering menggunakan kedekatan fisik sebagai isyarat menggoda, memasuki “gelembung” ruang pribadi pasangannya sebagai cara meningkatkan gairah pasangan. Tersenyum dan tawa halus adalah isyarat rayuan lain yang digunakan oleh sepasang kekasih.

Tanda-tanda Rayuan Seksual

Dalam salah satu penelitian terdapat temuan bahwa orang cenderung mengekspresikan rayuan melalui bahasa tubuh dan isyarat wajah dengan cara yang berbeda. Namun, satu temuan yang konsisten adalah jika isyarat tersebut dinilai oleh pengamat sebagai “positif”, maka isyarat tersebut akan lebih menggoda. Isyarat bahasa tubuh yang dipandang negatif—seperti tampak agresif—tidak dinilai menggoda.

Semua Bentuk Sentuhan

Isyarat bahasa tubuh cinta yang paling konsisten adalah sentuhan. Pasangan yang sedang jatuh cinta biasanya akan lebih sering berpegangan tangan, lengan melingkari bahu, atau menyentuh lutut saat duduk. Sentuhan halus dapat menciptakan gairah seksual atau sekadar memberikan kepastian, bahwa “Aku di sini untukmu”.