Peminjaman Kripto AAVE Bekukan 17 Token, Ini Alasannya!
Aave bekukan belasan aset karena likuiditas rendah. (Foto; Dok. Coinmotion)

Bagikan:

JAKARTA – Satu platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) terkemuka, Aave yang merupakan protokol peminjaman kripto terdesentralisasi dilaporkan telah membekukan 17 token kripto. Pembekuan ini ditujukan untuk melindungi dirinya dari piutang tak tertagih (bad debt) dan kemungkinan terjadinya serangan manipulasi pasar.

Aave adalah platform pinjaman kripto terbesar di jaringan Ethereum. Aave memiliki 3,65 miliar dolar AS dalam bentuk aset yang terkunci (stake) di sejumlah jaringan. Langkah perusahaan untuk menangguhkan pinjaman sejumlah aset kripto pada Aave versi 2.0 telah disetujui para anggota tata kelola lewat proposal Gauntlet Networks.

Proposal berisi permintaan untuk menghentikan sementara sejumlah aset yang dinilai “tidak stabil” karena likuiditas yang rendah dalam platform tersebut. Sejumlah platform peminjaman yang dibekukan meliputi yearn.finance, Curve DAO, 0x, Decentraland, 1inch, Basic Attention Token, Ampleforth, DeFi Pulse Index, renFIL dan Maker, Enjin, xSUSHI dan lima stablecoin: sUSD, GUSD, RAI, USDP, dan LUSD.

Oleh karena minimnya profil likuiditas, Aave memutuskan tidak akan mengizinkan pengguna untuk menyetor aset-aset ini atau mengambil pinjaman di platform supaya terhindar dari risiko yang tidak diharapkan.

“Menanggapi peristiwa pasar baru-baru ini dan kontraksi likuiditas yang berkelanjutan di seluruh pasar, proposal ini berupaya mengurangi profil risiko di banyak aset volatil yang lebih tinggi," kata proposal tersebut, dilansir dari TheBlock.

Anggota tata kelola (governance) resmi menyetujui proposal Gauntlet setelah mendapati seorang trader membuka posisi short secara besar-besaran di pasar Curve DAO (CRV) di Aave yang menghasilkan 1,6 juta dolar AS bad debt untuk protokol tersebut. Informasi saja, istilah piutang tak tertagih atau bad debt adalah utang yang tidak dapat dilunasi atau dihapus.

TheBlock juga melaporkan pada pekan lalu, seorang trader telah meminjam 92 juta CRV (sekitar 57 juta dolar AS) di Aave dan melanjutkan untuk menjual token secara terus menerus, menyebabkan penurunan tajam dalam harga token CRV. Trader,   mengalami tekanan saat harga token CRV menguat. Saat melikuidasi posisi short, Aave memperoleh bad debt sebesar 1,6 juta dolar AS.

Oleh karena itu, Aave selaku platform DeFi bermaksud menghindari dan mencegah permasalahan tersebut dengan cara menghentikan sementara pasar aset yang memiliki likuiditas rendah dan terpengaruh volatilitas berlebihan. Berikut ini daftar 17 aset yang ditangguhkan dalam platform pinjaman kripto Aave:

  1. YFI
  2. CRV
  3. ZRX
  4. MANA
  5. 1inch
  6. BAT
  7. sUSD
  8. ENJ
  9. GUSD
  10. AMPL
  11. RAI
  12. USDP
  13. LUSD
  14. xSUSHI
  15. DPI
  16. renFIL
  17. MKR.