Perhatikan Tiga Ancaman Siber dan Tips Mencegahnya dalam Aplikasi Kencan <i>Online</i>
Macam-macam ancaman siber di aplikasi kencan online (foto: Ilustrasi Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi kencan online telah mengubah cara seseorang untuk bertemu saat ini. Melalui aplikasi ini juga dapat mempermudah seseorang mencari pasangannya. 

Namun seperti kebanyakan teknologi lainnya, aplikasi kencan online tidak selamanya aman. Ancaman siber akan terus berkeliaran untuk menerobos sistem keamanan platform dengan cara yang beragam. 

Berikut ini adalah beberapa masalah keamanan yang sering terjadi dan berhasil dikumpulkan ketika Anda menggunakan platform kencan online:

Kebocoran dan Pelanggaran Data

Seorang hacker bisa saja menargetkan aplikasi kencan online untuk mengambil data seseorang. Terkadang, perusahaan membagikan data tersebut kepada pihak ketiga dengan sengaja. 

Misalnya, melansir dari Makeuseof, pada 2018 Grindr mengaku telah membagikan status HIV penggunanya dengan perusahaan lain.

Untuk ini, tidak ada cara pasti yang bisa dilakukan oleh pengguna, yang bisa dilakukan hanya mencegah kebocoran dan pelanggaran data dengan tidak menggunakan kembali kata sandi, nama pengguna, atau alamat email di seluruh platform. 

Sebaiknya, Anda tidak menautkan akun kencan online Anda dengan akun lainnya seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. 

Cyberstalking

Cyberstalking merupakan risiko pada platform sosial apa pun, tetapi aplikasi kencan dapat mengakibatkan cyberstalking dan penguntitan fisik karena sifat pribadinya. 

Misalnya, jika Anda menautkan profil kencan online dengan Instagram dan memberi tag geografis lokasi Anda pada foto, itu akan mempermudah orang lain menemukan tempat yang sering Anda kunjungi, seperti tempat kerja atau kafe favorit Anda.

Untuk menghindari cyberstalking, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Gunakan gambar unik untuk foto profil.
  • Jangan pernah membagikan alamat rumah Anda.
  • Jangan bagikan informasi pengenal apa pun. 

Pemerasan Siber

Aplikasi kencan online memiliki informasi yang lebih sensitif seperti status HIV, preferensi seksual, fetish, preferensi kencan, atau informasi pribadi lainnya. 

Ketika data ini bocor, bisa saja ini dijadikan alat untuk melakukan pemerasan dan diskriminasi terhadap diri Anda. Apa lagi ketika Anda membagikan gambar-gambar sensitif. 

Untuk menghindari pemerasan siber di aplikasi kencan online, mungkin Anda bisa melakukan tips sederhana berikut ini:

  • Gunakan alamat email yang unik untuk profil kencan Anda. 
  • Jangan membagikan gambar intim yang dapat digunakan untuk memeras Anda.
  • Baca kebijakan privasi dan persyaratan layanan dan aplikasi kencan untuk melihat data apa yang mereka bagikan dengan pihak ketiga.