Australia Peringatkan Warganya Waspadai Penipuan Dompet Kertas Kripto yang Tersebar di Jalanan
Warga Australia telah diperingatkan untuk menjauhi dompet kertas Bitcoin palsu. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Warga Australia telah diperingatkan untuk menjauhi dompet kertas Bitcoin palsu yang tampak mencurigakan, yang berusaha memikat korban untuk mengakses dompet kripto yang menguntungkan tetapi pada akhirnya akan menguras kepemilikan kripto mereka sendiri.

Menurut posting 22 November di halaman Facebook Kepolisian NSW, penipuan dimulai sebagai dompet mata uang kripto kertas dengan kode QR, yang dibuat agar terlihat seperti dompet kertas Bitcoin yang sah. Dompet penipuan ini tersebar oleh scammers di lokasi publik seperti jalan atau taman.

 Seseorang yang menemukan dompet kertas dan memindai kode QR diarahkan untuk mengeklik tautan untuk mengakses dompet kripto hingga 16.000 dolar Australia (Rp156,8 juta).

Orang tersebut kemudian diminta untuk membayar biaya penarikan dan memberikan kredensial dompet mereka sendiri yang memungkinkan mereka untuk mentransfer saldo ke dompet kripto mereka sendiri.

“Setelah biaya penarikan dibayarkan dan detail dompet kripto seseorang diberikan, mata uang kripto orang tersebut dicuri dari dompet kripto mereka,” jelas polisi NSW, seperyti dikutip Cointelegraph.

Pihak berwenang telah menyarankan masyarakat untuk tetap waspada, dan siapa pun yang menemukan dompet kripto kertas yang mirip dengan ini jangan sampai mencoba memindai kode QR, mengakses akun, atau memberikan informasi pribadi mereka. Sebaliknya, mereka harus menyerahkan dompet tersebut ke kantor polisi setempat.

Ini bukan kasus penipuan dompet kripto kertas pertama di Australia. Lebih dari tiga bulan yang lalu, seorang pengguna di Reddit membuat utas yang melaporkan bahwa mereka telah menemukan dompet kripto kertas dan menandainya sebagai kemungkinan penipuan.

Lusinan orang lain dari seluruh Australia menanggapi dengan kisah mereka sendiri tentang menemukan dompet kripto kertas di jalan, di pantai, dan di taman.

Seorang pengguna, Pinnymc, berkomentar bahwa mereka hampir tertipu karena mereka dapat melihat alamat dompet dan transaksi on-chain. Mereka mengatakan situs web itu juga tampak asli. Namun, Pinnymc mengatakan mereka menjadi curiga karena biaya transaksi sebesar 0,5%.

“Jika ini adalah dompet yang sah, saya seharusnya dapat menarik dan biaya transaksi keluar dari saldo. Sayang sekali karena ini terlihat sangat sah, ”kata pengguna tersebut.

Menurut data dari situs web Scamwatch pengawas konsumen Australia, publik Australia telah terbukti sangat rentan terhadap penipuan terkait investasi dan kripto tahun ini, kehilangan 242,5 juta dolar Australia karena scammer sejauh ini pada tahun 2022.