Rolex Terjun ke NFT dan Web3, Ini Buktinya!
Jam tangan terbaru Rolex Deepsea Challenge. (Foto; Dok. Rolex)

Bagikan:

JAKARTA – Produsen jam tangan mewah asal Swiss, Rolex, mulai terjun ke dunia Web3 dan NFT. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah dokumen yang menunjukkan Rolex mendaftarkan hak paten untuk koleksi digital NFT, perangkat lunak berbasis blockchain lainnya.

Berdasarkan data yang diluncurkan oleh Michael Kondoudis, seorang pengacara dan merek dagang dan hak paten, Rolex telah mengajukan aplikasi merek dagang yang terkait dengan cryptocurrency, metaverse, dan non-fungible token (NFT), pada 7 November lalu.

Secara khusus, aplikasi merek dagang pembuat jam tangan mewah juga menyarankan rencana untuk memperkenalkan NFT, media yang didukung NFT, marketplace NFT, kunci virtual dan transaksi kripto, lelang barang virtual, serta pertukaran virtual dan cryptocurrency.

Menurut laporan NFT Evening, Rolex telah mengajukan merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pada tanggal 31 Oktober 2022 yang mencakup “perangkat lunak yang dapat diunduh untuk teknologi blockchain,” dompet digital, “ruang online untuk pembeli dan penjual produk virtual seperti jam tangan dan suku cadang arloji,” penempatan produk lingkungan virtual, dan banyak lagi.

Rolex telah melirik pasar potensial di masa depan melalui metaverse. Masuknya Rolex ke industri metaverse dan web3 menyusul sejumlah perusahaan raksasa lain seperti Tag Heuer, Samsung, Adidas, Nike, dan sebagainya. Pendaftaran paten tersebut memungkinkan Rolex untuk menghadirkan jam tangan digital teranyarnya.

Produk-produk Rolex sudah dianggap sebagai barang koleksi. Perusahaan asal Swiss itu kini menawarkan pengalaman berbeda di ruang digital dengan target pasar yang potensial.

Perusahaan besar di seluruh dunia memasuki web3 dengan pengajuan serupa. Meskipun, menarik untuk melihat bahwa Rolex telah memilih untuk melampaui hanya tetes atau rilis NFT biasa. Pasar Rolex NFT membuka sejumlah besar potensi kolaborasi, utilitas, dan ide.

Dikenal dengan produk jam tangan mewahnya, Rolex mengutamakan kualitas dan desain, serta kelangkaan material dalam proses pembuatan jam tangan. Salah satu jam tangan termahal Rolex adalah Paul Newman’s Rolex Daytona yang terjual seharga 17,8 juta dolar AS (setara Rp276 miliar).

Menurut Luxe Digital, meski begitu, Rolex Daytona yang paling mahal ini tidak begitu langka maupun terbuat dari bahan berharga. Namun kisah uniknya adalah hal yang paling diminati oleh para kolektor jam tangan. Jam tangan ini diberikan kepada Paul Newman oleh istrinya, Joanne Woodward, saat ia bermain dalam film "Winning".