6 Pesawat Terbang Terbesar di Dunia yang Mengangkut Penumpang dan Kargo
Ilustrasi pesawat terbesar di dunia (Wikimedia Commons/Lesbardd)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pesawat terbang sebagai moda transportasi udara terus dikembangkan dari masa ke masa. Para ahli pesawat terbang terus berupaya melakukan inovasi dan pengembangan dari sisi teknologi hingga dimensi atau ukuran. Kini sudah banyak pesawat terbang berukuran raksasa atau besar. 

Ada beberapa pesawat terbang terbesar di dunia yang dioperasikan. Pesawat berukuran besar ini digunakan untuk mengangkut feri dan kargo. Pesawat-pesawat ini merupakan buatan dari berbagai maskapai penerbangan. 

Pesawat Terbang Terbesar di Dunia

Berikut beberapa pesawat terbang yang memiliki ukuran atau raksasa terbesar. 

Airbus A380-800

Salah satu pesawat terbesar di dunia adalah Airbus A380-800. Pesawat penumpang ini merupakan maskapai penerbangan dari Prancis dan diperkenalkan pada tahun 2007. Pesawat ini memiliki dimensi dengan panjang 72,7 meter, tinggi 24,1 meter, dan lebar sayap 79,8 meter. 

Pesawat raksasa ini mempunyai kapasitas maksimum 853. Namun hanya menyediakan 545 tempat duduk untuk empat jenis kelas, yaitu first class, bisnis, ekonomi premium, dan ekonomi. 

Airbus A380-800 saat ini masih dioperasikan oleh sejumlah maskapai kelas dunia, seperti Emirates, British Airways, dan SIngapore Airlines. Pesawat ini diproduksi sebanyak 254 unit dan sudah tidak dibuat lagi sejak 2021. 

Airbus A340-600

Masih dari produsen yang sama yakni Aribus. Pesawat terbesar selanjutnya adalah Airbus A340-600. Pesawat penumpang ini memiliki kapasitas tempat duduk maksimum 475 penumpang. Ada tiga kelas yang disediakan, yakni first class, bisnis, dan ekonomi. 

Pesawat ini dioperasikan oleh beberapa maskapai penerbangan, salah satunya Lufthansa. Ukuran pesawat Airbus A340-600 ini, yakni panjang keseluruhan 75,36 meter, tinggi 17,93 meter, dan lebar sayap 63,45 meter. 

Boeing 747-400

Pesawat terbesar selanjutnya adalah Boeing 747-400. Pesawat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Pesawat ini dioperasikan untuk mengangkut kargo. Namun beberapa maskapi menggunakan pesawat ini untuk mengangkut penumpang, seperti Lufthansa dan Asiana Airlines. 

Pesawat Boeing 747-400 memiliki dimensi panjang 70,66 meter, tinggi 19,40 meter, dan lebar sayap 64,44 meter. Dengan ukuran tersebut, pesawat ini memiliki kapasitas penumpang maksimum 660. 

Antonov An-225 Mriya

Pesawat terbesar lainnya adlah Antonov An-225 Mriya. Pesawat ini merupakan hasil karya para insinyur di Uni Soviet sebelum era Perang Dingin. Nama 'Mriya' berasal dari bahasa Ukraina yang berarti mimpi. Pesawat ini diterbangka perdana pada tahun 1988. 

Pesawat ini dioperasikan untuk mengangkut kargo. Pesawat ini memiliki ukuran lebar rentang sayap mencapai 84 meter. Ukurannya lebih panjang dari lima truk kontainer. Pesawat ini dapat membawa kargo dengan total berat mencapai 253.820 kilogram. 

Aero Spacelines Super Guppy

Pesawat Super Guppy termasuk dalam pesawat terbesar di dunia. Pesawat ini dioperasikan oleh NASA untuk mengangkut komponen luar angkasa yang berukuran besar. Pesawat ini pertama kali digunakan pada tahun 1960-an. 

Aero Super Guppy memiliki ukuran panjang 43,83 meter, tinggi 14,78 meter, dan lebar sayap 47,63 meter. Pesawat ini menjadi satu-satunya pesawat di dunia yang telah membawa komponen-komponen S-IVB, tahap ketiga dari roket Saturn V. 

Lockheed C-5 Galaxy

C-5 juga masuk dalam kategori pesawat terbesar di dunia. Pesawat yang diproduksi oleh Lockheed Martin ini merupakan pesawat angkut militer. Pesawat ini dioperasikan secara rutin oleh militer AS sejak 1969. 

Galaxy C-5 memiliki kapasitas angkut hampir mencapai 135 ton. Pesawat ini memiliki ruang kargo yang cukup untuk mengangkut dua tank M1 Abrams, 16 Humvee, dan tiga helikopter Black Hawk. Tanpa membawa kargo, pesawat ini mampu menempuh jarak 7.000 mil tanpa mengisi bahan bakar.

Itulah beberapa pesawat terbesar di dunia yang digunakan untuk mengangkut dan mengangkut kargo. Pesawat-pesawat tersebut dilengkapi dengan mesin yang memiliki daya kuat dan tinggi sesuai dengan dimensi dan kebutuhan pengoperasiannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.