Kota Rio de Janeiro Cari Perusahaan Kripto yang Bisa Operasikan Penarikan Pajak Properti
Kota Rio de Janeiro akan terima pembayaran pajak properti dalam bentuk kripto. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kota Rio de Janeiro sedang mencari perusahaan kripto untuk mengoperasikan tambahan properti pajaknya pada tahun 2023. Menurut sebuah keputusan yang diterbitkan pada 11 Oktober, pembayaran pajak kepemilikan tanah di kota itu bisa menggunakan crypto bersama mata uang fiat lainnya. Langkah ini menjadikan Rio sebagai kota Brasil pertama yang menerima aset digital sebagai pembayaran pajak.

Diharapkan pembayar pajak akan dapat membayar dengan lebih dari satu aset kripto dan jenis pajak lainnya yang akan diaktifkan di masa depan. Keputusan tersebut juga menyatakan bahwa perusahaan yang bersedia memberikan layanan harus terdaftar di kota tersebut dan mematuhi persyaratan Komisi Sekuritas dan Bursa Brasil (SEC).

Perusahaan kripto yang disewa akan menyediakan layanan pembayaran cryptocurrency dan mengubah crypto menjadi mata uang fiat. Dana akan ditransfer ke kota dalam mata uang fiat lokal tanpa biaya tambahan untuk pembayar pajak.

“Rio de Janeiro adalah kota global. Oleh karena itu, kami mengikuti kemajuan teknologi dan ekonomi di jagat aset keuangan digital. Kami memiliki pandangan ke masa depan dan kami ingin menjadi ibu kota inovasi dan teknologi negara. Kota kami adalah yang pertama di Brasil yang menawarkan pembayar pajak jenis pembayaran ini,” kata Wali kota Rio, Eduardo Paes, seperti dikutip Cointelegraph.

Tindakan serupa telah dilakukan di seluruh dunia. Pada September lalu, negara bagian Colorado Amerika Serikat juga mulai menerima crypto sebagai pembayaran untuk setiap pajak yang terutang.

Badan legislatif Arizona, Wyoming, dan Utah semuanya juga telah memperkenalkan tagihan untuk menerima pembayaran pajak dalam bentuk mata uang digital dengan tingkat yang berbeda-beda.

Inisiatif Rio de Janeiro adalah contoh lain dari upaya yang dilakukan di negara tersebut untuk memperluas adopsi kripto.

Baru-baru ini, jumlah perusahaan yang memegang cryptocurrency di Brasil telah mencapai rekor tertinggi pada Agustus, karena otoritas perpajakan lokal, Receita Federal do Brasil, mencatat 12.053 organisasi unik yang mendeklarasikan kripto di neraca mereka pada Agustus, naik 6,1% dibandingkan Juli.