Ungguli Pattaya hingga Ipanema, Bali Puncaki Daftar Destinasi Musim Dingin yang Paling Dicari
Ilustrasi wisatawan menikmati senja di Bali. (Unsplash/Ern Gan)

Bagikan:

JAKARTA - Bali memuncaki pencarian destinasi, saat musim dingin tiba dengan para pelancong mencari daerah yang lebih hangat dengan sinar matahari, mengungguli destinasi di Brasil hingga Thailand.

Pulau Dewata menjadi tujuan yang paling banyak dicari, dalam pembaruan musim dingin 2022 yang dikeluarkan oleh Airbnb pada November lalu, dikutip dari The National News 10 Desember.

Lebih spesifik, Kuta yang terletak di kawasan barat daya pulau tersebut menjadi yang paling dicari oleh pengguna Airbnb di seluruh dunia.

Memiliki sinar matahari sepanjang tahun, menjadikan Kuta pelarian musim dingin yang ideal. Kawasan ini terkenal dengan lokasi berselancarnya di Samudra Hindia, hingga denyut kehidupannya yang seakan tidak pernah berhenti, menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Kota terbesar Malaysia menempati urutan kedua dalam daftar 10 teratas. Kuala Lumpur menarik wisatawan yang mencari perpaduan modernitas dan tradisi yang telah menjadikan kota ini sebagai favorit kuat dalam rencana perjalanan Asia Tenggara.

malaysia
Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia. (Unsplash/Esmonde Yong)

Melengkapi tiga besar adalah Ipanema Brasil. Terkenal karena pantainya yang bernama sama, kawasan Rio de Janeiro yang ramai menawarkan perpaduan budaya yang beragam, pemandangan bukit Morro Dois Irmaos yang menakjubkan, matahari terbenam yang epik, dan jalan-jalan rindang yang dipenuhi dengan bar-bar bermain Bossa Nova. Kota ini juga terkenal dengan perayaan tahun baru yang epik di pantai.

Di luar tiga besar, destinasi Asia mendominasi daftar, dengan tempat-tempat di Thailand dan Singapura juga menempati peringkat 10 besar.

Sementara, kota-kota besar Australia juga populer, sedangkan Malaga di Spanyol menjadi satu-satunya destinasi Eropa yang didambakan oleh pengguna Airbnb musim dingin ini.

Selain destinasi, wisatawan juga tertarik untuk merencanakan perjalanan yang menyertakan tempat menginap unik. Lima kategori teratas yang dipesan musim dingin ini adalah properti dengan kolam luar biasa, penginapan tropis, akomodasi di dalam taman nasional, hingga 'surga' tepi pantai.

Memiliki fasilitas yang tepat juga sangat penting, dengan wisatawan melakukan pencarian penginapan dengan kolam renang, Wi-Fi, dapur, Jacuzzi dan parkir gratis.

Sebagai bagian dari pembaruan musim dinginnya, Airbnb juga mengumumkan akan menambahkan kategori akomodasi baru ke situs tersebut.

ipanema brasil
Ipanema, Rio de Janeiro, Brasil. (Unsplash/TAIS HELENA DE CARVALHO)

Wisatawan dapat mencari tempat yang 'baru', artinya tempat tersebut telah ditambahkan ke situs dalam 10 minggu terakhir, atau 'tren' untuk daftar yang dilihat lebih banyak dibandingkan minggu sebelumnya.

Pemandangan fenomenal yang didambakan tersebut dapat melihat dalam kategori 'puncak dunia' yang baru, untuk menemukan tempat menginap yang terletak 3.000 meter atau lebih di atas permukaan laut, dan setiap pelancong yang membutuhkan akses tambahan dapat mencari kategori properti yang 'disesuaikan'.

Kategori 'permainan' mencakup properti unik dengan fasilitas menyenangkan seperti lapangan golf mini, seluncuran air, atau lapangan basket. Sedangkan wisatawan yang mencari budaya Korea dapat menggunakan kategori 'Hanok' yang baru diperkenalkan untuk memesan bermalam di rumah tradisional Korea.

10 Tujuan Musim Dingin Airbnb yang Paling Banyak Dicari Tahun 2022

1. Kuta, Indonesia

2. Kuala Lumpur, Malaysia

3. Ipanema, Brasil

4. Angra dos Reis, Brasil

5. Bangkok,Thailand

6. Sydney, Australia

7. Singapura, Singapura

8. Malaga, Spanyol

9. Melbourne, Australia

10. Kota Pattaya, Thailand