Bagikan:

YOGYAKARTA - Kapasitas baterai menjadi pertimbangan banyak orang saat membeli handphone. Baterai dengan kapasitas tinggi menambah kenyamanan dan menunjang aktivitas pengguna gawai. Namun seiring berjalannya waktu, tiba-tiba baterai hp cepat habis. Kondisi tersebut berlanjut terus menerus bahkan dayanya terkuras semakin cepat lagi.

Mempunyai handphone dengan baterai yang mudah habis tentunya sangat tidak menyenangkan. Kondisi ini akan menganggu kenyaman dan produktivitas. Apalagi jika handphone dibutuhkan untuk melakukan panggilan telepon, video meeting, menonton film, hingga bermain game. 

Apalagi biaya perbaikan baterai handphone tidaklah murah. Seringkali membuat kita berpikir dua kali untuk membawanya ke tempat service. Namun anda juga perlu tahu penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya. 

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Ada beberapa penyebab baterai hp menjadi cepat habis. Kondisi ini bisa dialami oleh penggunanya baik dalam waktu 1 tahun setelah pembelian, bahkan bisa lebih cepat dari itu. Selain faktor usia perangkat, penyebab lain baterai cepat habis adalah dari pemakaiannya.

Pengaturan Layar yang Berlebihan

Layar merupakan salah satu elemen dalam handphone yang membutuhkan daya baterai cukup bayak. Layar menggunakan baterai untuk penerangan, mengaktifkan fitur touchscreen, hingga penyajian tampilan visual. 

Pengaturan layar yang berlebih dan tidak dikontrol menjadi salah satu sumber penyebab baterai hp cepat terkuras. Anda bisa menghemat baterai dengan mengatur layar, seperti menurunkan tingkat cahaya, mengaktifkan mode dark, hingga tidak memakai wallpapar gerak. 

Aplikasi yang Sedang Berjalan

Pengguna handphone biasanya menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu atau bergantian. Misalnya saat membuka aplikasi chatting, anda kemudian beralih mengakses media sosial. Tak lama, berpindah membuka YouTube, dan sebagainya. Ketika berpindah aplikasi maka aplikasi yang sudah berjalan akan tersimpan dalam background dan tidak tertutup.

Aktivitas tersebut menyebabkan baterai handphone menjadi boros atau cepat habis. Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan menimbulkan beban bagi baterai. Anda bisa menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan dan tidak diperlukan agar baterai handphone lebih hemat.

Berada di Tempat Susah Sinyal

Banyak yang belum tahu jika sistem dalam handphone bekerja ekstra saat berada di tempat yang susah sinyal. Ketika anda berada di lokasi yang langka sinyal, handphone anda akan bekerja terus menerus mencari sinyal.

Baterai handphone anda jadi cepat terkuras jika kondisi tersebut dibiarkan terus. Terkadang pengguna handphone tidak mempedulikan kondisi hpnya dengan lokasi tempat dia berada. Jadi untuk menghemat baterai, anda bisa mengaktifkan mode airplane atau menonaktifkan handphone ketika berada di lokasi yang susah sinyal.

Usia Baterai

Baterai memiliki siklus yang sama seperti makhluk hidup, yakni memiliki usia. Mungkin anda sudah menjaga penggunaan handphone anda supaya tidak mengalami kondisi-kondisi seperti yang disebutkan sebelumnya. Namun baterai handphone tetap cepat habis. 

Baterai handphone memiliki umur yang akan semakin tua. Seiring berjalannya waktu kinerja baterai pun akan semakin menurun mengikuti usianya yang bertambah tua. Biasanya baterai handphone memiliki kemampuan yang optimal dalam tiga hingga lima tahun penggunaan. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti baterai handphone anda, atau sekalian membeli handphone baru.  

itulah beberapa penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebesar apapun kapasitasnya, batera anda akan cepat habis jika penggunaannya berlebihan dan tidak diperhatikan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.