Lima Tips Ini Bisa Digunakan Untuk Melindungi Email Anda dari Bermacam Penipuan
Tips ampuh lindungi email dari penjahat dunia maya (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, penjahat dunia maya semakin aktif menargetkan korban melalui email phishing, malware, atau lain sebagainya. 

Jika Anda mengklik file atau tautan yang dikirim oleh pelaku, kemungkinan hacker tersebut dapat mengakses seluruh dokumen pribadi atau paling parah adalah mengambil alih sistem perangkat Anda. 

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk melindungi email dari berbagai aktivitas ilegal seperti yang telah disebutkan tadi. 

Untuk melakukannya, VOI telah merangkum lima cara dari Makeuseof, agar email Anda terhindar dari ancaman-ancaman online. 

Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Sepertinya saran untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik adalah saran utama yang selalu direkomendasikan ketika Anda membuat suatu akun. 

Anda juga harus membuat kata sandi yang unik untuk membuatnya lebih sulit dipecahkan. Jangan lupa untuk menyertakan gabungan huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. 

Meskipun dengan kata sandi yang rumit ada kemungkinan Anda lupa, Anda masih bisa menginisiasinya dengan menyimpan kata sandi tersebut dengan berbagai cara, termasuk di selembar kertas, hard drive, pengelola kata sandi, atau lainnya.

Gunakan Fitur Anti-Spam

Karena email spam sekarang sudah sangat umum, bamuak penyedia email yang mengembangkan alat anti-spam yang dapat Anda gunakan untuk menghindari komunikasi terlarang ini.

Seperti Microsoft Outlook atau Gmail, Anda dapat mengaktifkan filter spam yang menempatkan semua email mencurigakan di folder spam.

Filter ini dapat menurunkan kemungkinan Anda berinteraksi dengan email spam tersebut. Namun, mungkin ini tidak selamanya bekerja 100 persen, terkadang Anda harus memeriksa folder spam jika diperlukan. Karena terkadang filter spam salah mengira email yang sah sebagai email yang berbahaya. 

Blokir Alamat Email Mencurigakan

Sementara beberapa scammer mungkin hanya mencoba menghubungi Anda sekali atau dua kali, memblokir alamat email yang mencurigakan mungkin bisa menjadi pilihan Anda. 

Biasanya cukup cepat dan mudah untuk memblokir alamat email, tetapi prosesnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada penyedia yang Anda gunakan. 

Gunakan Autentikasi Dua Faktor (2FA) 

Hampir semua layanan yang mengharuskan Anda masuk menggunakan kata sandi menyediakan Autentikasi Dua Faktor (2FA) sebagai pelindung tambahan akun Anda. 

Proses ini bekerja dengan memverifikasi proses masuk melalui perangkat atau platform tepercaya lainnya. Misalnya, jika Anda mencoba masuk ke Gmail, Anda dapat memilih untuk memverifikasi login melalui smartphone Anda.

Atau, Anda dapat menggunakan kunci keamanan, mengirimkan kode kepada Anda, atau menggunakan aplikasi autentikator seperti Authy atau Google Authenticator. 

Gunakan Perangkat Lunak Anti Virus Terpercaya

Sudah banyak perusahaan pihak ketiga yang menciptakan perangkat lunak antivirus yang terpercaya, seperti Kaspersky, McAfee, Avira, dan masih banyak lagi. 

Meskipun semua program antivirus berbeda, penyedia terkemuka dapat menjalankan pemindaian rutin perangkat Anda untuk menemukan dan menghilangkan program jahat agar Anda tetap aman. 

Antivirus akan mendeteksi malware gang disebarkan melalui email, baik itu melalui lampiran atau tautan berbahaya, atau dalam bentuk lainnya. 

Jadi mengaktifkan program antivirus dapat membantu menghentikan perangkat lunak berbahaya tersebut agar tidak menginfeksi perangkat Anda.