Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah Anda membangun channel dan membangun pengikut yang kuat, wajar untuk mulai memikirkan cara mendapatkan verifikasi di YouTube. Bagaimana cara verifikasi akun Youtube?

Lencana verifikasi YouTube memberi akun Anda kredibilitas tertinggi, menunjukkan kepada dunia bahwa YouTube telah mengonfirmasi bahwa Anda adalah siapa yang Anda katakan. Tidak semua orang bisa mendapatkannya. Tetapi bagi mereka yang memenuhi syarat, ini adalah pencapaian penting YouTube.

Cara Verifikasi Akun Youtube

Akun Yaoutube (UNsplash)

Apa itu verifikasi YouTube?

Verifikasi YouTube sebenarnya berarti dua hal yang berbeda. Jenis verifikasi YouTube yang paling sederhana hanya melibatkan verifikasi nomor telepon Anda dengan kode yang dikirim ke telepon Anda. Ini memastikan Anda adalah orang sungguhan dan bukan bot. Jenis verifikasi YouTube ini tersedia untuk siapa saja dan membuka beberapa fitur YouTube tambahan:

Untuk memeriksa apakah Anda telah memverifikasi akun Anda, buka Pengaturan > Akun dan klik Status dan fitur saluran. Jika akun Anda diverifikasi, Anda akan melihat Diaktifkan dalam warna hijau di sebelah Fitur yang memerlukan verifikasi telepon.

Cara mendapatkan verifikasi di YouTube 4.png

Tetapi orang-orang juga mengatakan "verifikasi YouTube" atau "verifikasi akun YouTube" ketika mereka berarti mendapatkan lencana verifikasi saluran YouTube resmi, yang terlihat seperti tanda centang abu-abu atau catatan musik.

Lencana verifikasi ini memberikan kredibilitas. Ini memberi tahu dunia bahwa ini adalah saluran resmi pencipta, artis, merek, atau tokoh masyarakat. Dan, mungkin yang paling penting, ini membantu mencegah penipu.

Cara memverifikasi akun YouTube Anda dalam 4 langkah

Catatan: Untuk mendapatkan verifikasi telepon sederhana yang disebutkan di atas, yang tersedia untuk siapa saja dan membuka fitur tambahan, pastikan Anda masuk ke YouTube dan membuka YouTube.com/verify.

Untuk mendapatkan lencana verifikasi resmi YouTube, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Buka halaman aplikasi

Buka aplikasi verifikasi saluran YouTube.

Jika saluran Anda memenuhi syarat untuk mengajukan verifikasi, Anda akan melihat formulir permohonan. Jika Anda belum memenuhi syarat, Anda akan melihat pesan yang meminta Anda untuk kembali lagi setelah mencapai 100 ribu pelanggan.

Catatan: Jika Anda belum memiliki 100.000 pelanggan, jangan panik! Gulir ke bawah untuk kiat-kiat mencapai 100 ribu, dan tentang cara meningkatkan kredibilitas Anda bahkan tanpa lencana verifikasi YouTube.

Langkah 2. Lengkapi formulir

Isi formulir aplikasi. Anda memerlukan nama dan ID saluran Anda. Jika Anda tidak mengetahui ID saluran Anda, Anda dapat mengeklik tautan di bawah kotak ID saluran di formulir untuk menemukannya.

Anda juga dapat menemukan ID saluran Anda kapan saja dari akun YouTube Anda di bawah Setelan > Setelan lanjutan.

Setelah Anda menyelesaikan formulir, klik Kirim.

Langkah 3. Tunggu

Sekarang Anda hanya perlu menunggu sementara YouTube memverifikasi akun Anda, yang dapat memakan waktu hingga beberapa minggu. YouTube mengatakan, "Kami akan memeriksa berbagai faktor untuk membantu memverifikasi identitas Anda, seperti usia saluran Anda."

Mereka mungkin juga meminta Anda untuk memberikan lebih banyak informasi atau dokumentasi untuk membuktikan keabsahan Anda.

Langkah 4. Pertahankan verifikasi Anda

Setelah Anda mendapatkan lencana yang didambakan, inilah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak kehilangan verifikasi.

Jangan melanggar Ketentuan Layanan atau Pedoman Komunitas

Mendapatkan verifikasi di YouTube emang sesuatu... namun lain halnya untuk tetap diverifikasi. Meskipun Anda telah memenuhi semua kriteria dan mendapatkan lencana verifikasi, YouTube dapat dan akan mencabutnya jika Anda melanggar Persyaratan Layanan atau Pedoman Komunitas mereka.

Jangan ubah nama saluran Anda

Jika Anda mengubah nama saluran, Anda juga akan kehilangan lencana. Anda dapat mengajukan permohonan verifikasi lagi menggunakan nama baru. Tetapi karena inti dari lencana adalah untuk mengkonfirmasi bahwa Anda adalah siapa yang Anda katakan, mengubah nama Anda secara teratur bukanlah ide yang baik.

Siapa yang bisa mendapatkan lencana verifikasi YouTube?

Untuk mendapatkan lencana verifikasi saluran YouTube, Anda harus memenuhi persyaratan kelayakan:

Memiliki setidaknya 100.000 pelanggan. Untuk bantuan di bagian depan itu, lihat posting blog kami tentang cara mendapatkan lebih banyak pelanggan YouTube.

Jadilah seperti yang Anda katakan. YouTube secara ringkas menyatakan ini: “Saluran Anda harus mewakili pencipta, merek, atau entitas yang sebenarnya yang diklaimnya.” Masuk akal untuk verifikasi, bukan? YouTube akan memeriksa Anda dan mungkin meminta dokumentasi.

Memiliki channel yang aktif, publik, dan lengkap. Anda memerlukan spanduk saluran, deskripsi, dan gambar profil, dan Anda harus mengunggah konten secara teratur ke YouTube.

Anda mungkin melihat lencana verifikasi di saluran dengan kurang dari 100.000 pelanggan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan.

Pertama, persyaratan verifikasi YouTube telah berubah dari waktu ke waktu, dan saluran mungkin telah diverifikasi berdasarkan persyaratan sebelumnya. Atau, kedua, YouTube terkadang secara proaktif memverifikasi saluran yang relatif kecil di YouTube tetapi terkenal di tempat lain.

ikon berkas

Bonus: Unduh paket gratis 30 hari untuk mengembangkan YouTube Anda dengan cepat, buku kerja harian berisi tantangan yang akan membantu Anda memulai pertumbuhan saluran YouTube dan melacak kesuksesan Anda. Dapatkan hasil nyata setelah satu bulan.

Dapatkan panduan gratis sekarang!

Persyaratan kelayakan untuk lencana verifikasi catatan musik Saluran Artis Resmi sedikit berbeda:

  • Mewakili hanya satu artis atau band.
  • Memiliki setidaknya satu video musik resmi di YouTube yang didistribusikan oleh distributor atau label musik.
  • Dan memenuhi satu atau lebih kriteria berikut:
  • Bekerja dengan Pengelola Mitra YouTube atau menjadi bagian dari jaringan label yang bekerja dengan Pengelola Mitra.
  • Berpartisipasi dalam Program Mitra YouTube.
  • Minta musik Anda didistribusikan oleh mitra musik yang tercantum di Direktori Layanan YouTube untuk Mitra Musik.

Jadi setelah mengetahui cara verifikasi akun youtube, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!