Paling Banyak Diunduh Orang Indonesia, TikTok Terpopuler se-Asia Tenggara
Peringkat aplikasi populer di Asia Tenggara. (foto: Dok. Sensor Tower)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok dari ByteDance masih menjadi aplikasi seluler paling populer yang banyak diunduh di Asia Tenggara per September 2022 ini.

Berdasarkan data dari platform Store Intelligence Sensor Tower yang dikutip Minggu 23 Oktober, TikTok memiliki hampir 12,2 juta penginstalan pada September. Jumlah ini meningkat 17,9 persen dari tahun ke tahun.

Tidak hanya itu, Sensor Tower juga mencatat bahwa negara dengan penginstalan TikTok terbanyak di Asia Tenggara saat ini adalah Indonesia. Jumlahnya setara dengan 37,4 persen dari total unduhan.

Kemudian peringkat tersebut diikuti oleh negara Vietnam dengan total penginstalan 26,8 persen.

Sensor Tower juga membagikan 10 peringkat aplikasi paling populer di Asia Tenggara pada September 2022. Berikut ini adalah daftar peringkatnya:

  1. TikTok
  2. Capcut
  3. Facebook
  4. Shopee
  5. Messenger
  6. Instagram
  7. Telegram
  8. Snack Video
  9. Lazada
  10. GoTube

CapCut merupakan aplikasi seluler paling populer kedua yang juga berasal dari perusahaan yang sama, yaitu Bytedance. Hampir 10,5 juta orang di Asia Tenggara mengunduh aplikasi ini bulan lalu.

Negara-negara dengan jumlah penginstalan CapCut terbesar saat ini adalah Indonesia dengan 46,4 persen, dan diikuti oleh Vietnam di 20,7 persen.

Facebook dari Meta, Shopee, dan Messenger melengkapi lima besar aplikasi seluler yang paling banyak diinstal di Asia Tenggara untuk bulan ini.

"Perkiraan kami mencakup unduhan untuk App Store dan Google Play di seluruh dunia antara 1 September 2021 dan 30 September 2022," kata Sensor Tower dalam laporannya.