BYD ATTO 3 Terima Peringkat Bintang Lima untuk Mobil Listrik dari NCAP
BYD ATTO 3 raih penghargaan di Eropa (foto: @BYD)

Bagikan:

JAKARTA – Produsen mobil asal China, BYD pada Rabu, 12 Oktober menerima peringkat keamanan Euro NCAP bintang lima yang mereka dambakan untuk SUV crossover listrik ATTO 3. Ini adalah penghargaan terbaru untuk pembuat mobil asal China terbaru dan yang menerima nilai tertinggi karena berusaha untuk mendapatkan pijakan di pasar mobil kompetitif Eropa.

Dua mobil buatan China lainnya - eCitroënC5 X, dibangun oleh perusahaan patungan antara Stellantis dan Dongfeng dan Mobilize Limo, sedan listrik yang dibuat oleh Renault bersama dengan Jiangling Motors, menerima peringkat bintang empat.

Peringkat dari Program Penilaian Mobil Baru Eropa (NCAP) tidak mengikat, karena tidak mensertifikasi kendaraan untuk penggunaan di jalan. Tetapi konsumen Eropa memperhatikan tes keamanan Euro NCAP dan pembuat mobil secara agresif memasarkan peringkat yang baik.

Bulan lalu, pesaingnya juga berasal dari China, Great Wall Motor  juga sudah  menerima peringkat bintang lima untuk SUV hybrid merek WEY Coffee 01 dan sedan listrik merek ORA Funky Cat.

Sementara BYD baru pekan ini meluncurkan ATTO 3 di India, yang dijual di China sebagai Yuan Plus.

Pekan lalu, perusahaan rental mobil Jerman Sixt mengatakan telah berkomitmen untuk membeli sekitar 100.000 kendaraan listrik dari BYD China pada tahun-tahun mendatang.

Di antara mobil lain yang menerima peringkat bintang lima pada Rabu lalu adalah sedan listrik Mercedes-Benz  EQE.

Sistem bantuan pengemudi kendaraan - termasuk yang memindahkan mobil ke jalur paling lambat di jalan raya dan menghentikannya jika pengemudi menjadi tidak responsif - menjadikannya mobil dengan skor tertinggi sejauh ini untuk bantuan fungsi mengemudi yang dibantu, menurut Euro NCAP.