Buat Perjanjian dengan OneD Battery Sciences, Baterai Silikon GM Bisa Unggul di Pasar EV
Ilustrasi baterai lithium ion (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif, khususnya yang memproduksi kendaraan listrik saat ini sedang berlomba-lomba meningkatkan kualitas baterai untuk memenangkan persaingan di pasar EV. 

Begitu juga dengan General Motors (GM) yang mengumumkan pengembangan penelitian bersama dengan OneD Battery Sciences, yang berfokus pada potensi penerapan nanoteknologi silikon OneD dalam sel baterai Ultium GM.

Melansir Carbuzz, perjanjian ini akan memberikan peningkatan kepadatan energi, tidak hanya akan memberikan EV Anda jangkauan yang lebih jauh, tetapi juga akan mengisi daya lebih cepat dan akan ada pengurangan biaya bagi pabrik. 

Perusahaan mengaku, kolaborasi pada teknologi anoda silikon ini diyakini sebagai yang pertama dari jenisnya untuk dua perusahaan Amerika.

Dengan meningkatkan Platform Ultium EV-nya sendiri, GM berharap dapat mencapai kapasitas tahunan dengan satu juta unit di AS pada tahun 2025.

Selain itu, produsen mobil itu juga berharap bahwa kolaborasinya dengan OneD dapat menghasilkan manfaat yang serupa dengan apa yang terlihat di China.

GM menambahkan, karena silikon dapat menyimpan energi 10 kali lebih banyak daripada grafit, ia menjanjikan pengembangan kemasan baterai yang lebih kecil, lebih ringan, dan lebih efisien. 

"GM merancang Ultium menjadi platform yang sangat fleksibel sehingga kami dapat terus meningkatkan sel kami seiring kemajuan teknologi baterai," kata Kent Helfrich, chief technology officer GM. 

"Kolaborasi kami dengan OneD akan fokus pada upaya untuk melanjutkan kemajuan dalam jangkauan, kinerja, dan biaya EV," pungkasnya.