Rekomendasi Dompet Digital Terbaik untuk Transaksi Online, Menawarkan Berbagai Fitur Unggulan
Ilustrasi dompet digital terbaik (Unsplash/Clay Banks)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dompet digital telah memudahkan anda untuk menyimpan uang di era sekarang. Selain itu, dengan dompet digital anda bisa melakukan transaksi secara online di manapun dan kapanpun. Ada beberapa dompet digital terbaik yang bisa anda jadikan pilihan. 

Dompet digital merupakan inovasi baru sebagai alat atau media penyimpanan uang bersistem digital. Dompet digital dikembangkan mengikuti dengan transformasi aktivitas masyarakat melakukan jual beli secara online. 

Masyarakat di era sekarang memilih menggunakan dompet digital karena penggunaannya lebih praktis dan dinilai lebih aman. Untuk memanfaatkannya, anda hanya membutuhkan koneksi internet tanpa perlu lagi memakai dompet fisik. Selain itu, dompet digital juga meminimalisir kehilangan dan kerusakan uang yang bisa terjadi ketika menyimpannya menggunakan dompet fisik. 

Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Kini sudah banyak aplikasi dompet digital yang bisa dipilih. Setiap platform dompet digital menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing. Berikut beberapa rekomendasi dompet digital terbaik di Indonesia. 

DANA

DANA adalah salah satu aplikasi e-wallet atau dompet digital terbaik yang penggunanya sudah banyak. DANA termasuk platform baru yang dirilis pada tahun 2018. DANA telah mengantongi izin dari Bank Indonesia, sehingga secara keamanan lebih terjamin. 

Aplikasi e-wallet ini menawarkan berbagai keunggulan bagi penggunanya. DANA sudah terhubung dengan data dari pihak kependudukan dan Catatan Sipil. DANA memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara online mulai dari transfer uang, tranksasi e-commerce, pembayaran tagihan, dan sebagainya. Pengoperasian DANA dijalankan dengan sistem PIN dan OTP.  

LinkAja

Dompet digital terbaik lainnya yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah LinkAja. Aplikasi LinkAja merupakan produk dari Bank Mandiri dan gabungan beberapa perusahaan besar yaitu Telkomsel, Pertamina, dan HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara). 

E-wallet LinkAja menghadirkan berbagai fitur untuk melakukan transaksi secara online atau nontunai. Penggunanya bisa melakukan transasksi seperti pembayaran sehari-hari, pemakaian transportasi umum, pembayaran di SPBU, BPJS, tagihan listrik, pengajuan pinjaman online, dan sebagainya.

OVO

OVO menjadi platform dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia. Bahkan OBO berhasil mendominasi lebih dari 70 persen penggunaan transaksi dan pusat perbelanjaan di Indonesia. E-wallet ini telah bekerja sama dengan Grab yang merupakan startup penyedia transportasi online. 

OVO hadir dengan berbagai fitur dan keunggulan untuk transaksi online. Pengguna bisa memanfaatkan OVO untuk kebutuhan pembayaran belanja e-commerce, pembayaran transportasi online, transfer antar bank secara gratis, tagihan listrik, dan sebagainya. OVO juga menyediakan infor tentang promo dan penawaran eksklusif. 

GOPAY

GOPAY menjadi dompet digital yang bersaing dengan OVO. GOPAY merupakan platform e-wallet yang diluncrukan oleh GoJek, salah satu strartup penyedia jasa transportasi online. E-wallet ini awalnya hanya digunakan untuk pembayaran internal di aplikasi GoJek. Namun seiring berjalannya waktu, GOPAY telah dikembangkan sebagai media transaksi secara umum. 

GOPAY memiliki berbagai fitur dan keunggulan yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk melakukan transaksi online. GOPAY tidak hanya digunakan untuk pembayaran aplikasi GoJek, namun juga bisa untuk pembayaran belanja online, transfer uang, tagihan listrik dan pulsa, dan lainnya. GOPAY juga menawarkan fitur PayLater untuk pelanggan. Selain itu, platform ini juga memiliki sistem keamanan ketat dengan fitur PIN dan pemindai sidik jari/wajah. 

ShopeePay

Popularitas Shopee sebagai platform e-commerce yang paling banyak digunakan membuat layanan dompet digitalnya juga banyak dipilih. Shopee memiliki dompet digital sendiri yaitu ShopeePay untuk memudahkan penggunanya dalam bertransaksi online. 

ShopeePay menawarkan berbagai fitur dan keunggulan untuk melakukan berbagai pembayaran online. Sama seperti beberapa e-wallet sebelumnya, ShopeePay telah bekerja sama dengan sejumlah merchant untuk kemudahan pembayaran online melalui QRIS. Selain itu, ShopeePay juga menghadirkan layanan kembalian dana dalam bentuk poin yang masuk ke kantong penggunanya. 

Itulah beberapa aplikasi dompet digital terbaik yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Setiap e-wallet telah menggunakan sistem keamanan ketat dan menawarkan berbagai fitur menarik untuk transasksi online. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.