Greyscale Luncurkan Investasi di Perangkat Keras Penambangan Bitcoin Saat <i>Crypto Winter</i>
Investasi di perangkat keras penambangan Bitcoin dirasa menguntungkan. (foto: dok. bitcoinagile)

Bagikan:

JAKARTA - Grayscale Investments mengumumkan pada 6 Oktober pembentukan Grayscale Digital Infrastructure Opportunities LLC ("GDIO"), yakni peluang investasi bersama yang berfokus pada perangkat keras penambangan Bitcoin. Dengan memanfaatkan perusahaan infrastruktur staking afiliasinya, Foundry, perusahaan berencana untuk memperoleh peralatan pertambangan dengan harga yang lebih murah selama musim dingin kripto.

Perusahaan mengatakan entitas baru akan tersedia untuk individu dan investor terakreditasi institusi dengan investasi minimal 25.000 dolar AS. Pendanaan tersebut diharapkan akan selesai sebelum akhir tahun ini dan akan menawarkan likuiditas yang serupa dengan ekuitas swasta atau aset infrastruktur yang memiliki cakrawala investasi tiga hingga lima tahun. Investor yang dianggap terakreditasi harus memenuhi kriteria tertentu mengenai pendapatan, kekayaan bersih, kualifikasi, dan pengetahuan mereka tentang pasar keuangan.

“Tim kami telah lama berkomitmen untuk menurunkan hambatan untuk berinvestasi di ekosistem kripto — dari eksposur aset digital langsung, hingga produk tematik yang terdiversifikasi, dan sekarang infrastruktur melalui GDIO,” kata CEO Grayscale Michael Sonnenshein dalam sebuah pernyataan pers yang dikutip Cointelegraph.

Foundry mengoperasikan salah satu kolam penambangan terbesar di dunia, Foundry USA, di bawah perusahaan induk yang sama dengan Grayscale, Digital Currency Group. Tahun lalu, Foundry USA menjadi kumpulan penambangan Bitcoin terbesar kedua setelah larangan China pada perdagangan kripto dan aktivitas penambangan.

Baru-baru ini, lebih banyak perusahaan mencari peluang konsolidasi di tengah pasar yang lesu dan biaya energi yang tinggi. Pada bulan September, perusahaan penambangan Crypto CleanSparkan mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi fasilitas penambangan Bitcoin Mawson di Sandersville, Georgia seharga 33 juta dolar AS.

Beberapa hari sebelumnya, perusahaan mengungkapkan perjanjian pembelian dengan Cryptech Solutions untuk 10.000 unit Bitmain Antminer S19j Pro dengan total harga 28 juta dolar AS. Pada bulan Juli, Clean Spark membeli lebih dari 1.000 penambang Bitcoin dari Whatsminer M30S dengan "harga yang didiskon secara substansial." Pada Juni lalu, perusahaan tambang itu juga membeli 1.800 rig Antminer S19 XP.