Pemerintah Norwegia Usulkan Penghapusan Pajak Listrik bagi Penambang Bitcoin
Trygve Slagsvold Vedum, menteri keuangan Norwegia, (foto; twitter @norwayinUK)

Bagikan:

JAKARTA - Trygve Slagsvold Vedum, menteri keuangan Norwegia, telah menyarankan pemerintah menghapus skema yang memungkinkan pusat data kripto membayar tarif listrik yang lebih rendah.

Dalam pengumuman 6 Oktober, pemerintah Norwegia mengusulkan agar pusat data yang beroperasi di negara tersebut dikenakan tarif pajak listrik yang sama dengan industri lain, yang menunjukkan potensi perubahan kebijakan bagi penambang Bitcoin.

Menurut pemerintah, penurunan tarif tersebut harus dilakukan secara bertahap seiring dengan meningkatnya kebutuhan listrik di daerah-daerah tertentu.

“Kami berada dalam situasi yang sama sekali berbeda di pasar tenaga listrik sekarang dibandingkan ketika pengurangan tarif untuk pusat data diperkenalkan pada tahun 2016,” kata menteri keuangan.

“Di banyak tempat, pasokan listrik sekarang tertekan, yang menyebabkan harga naik. Pada saat yang sama, kami melihat peningkatan penambangan cryptocurrency di Norwegia. Kami membutuhkan kekuatan ini untuk masyarakat,” ujar Vedum seperti dikutip Cointelegraph.

Pada Mei lalu, Parlemen Norwegia menolak proposal untuk melarang penambangan kripto yang pertama kali diperkenalkan oleh Partai Merah negara itu. Jaran Mellerud, seorang analis di Arcane Research, mengatakan kepada Cointelegraph pada saat itu bahwa partai-partai politik Norwegia “kemungkinan akan melakukan satu upaya lagi untuk meningkatkan pajak listrik khusus untuk penambang” dengan larangan langsung yang tidak mungkin terjadi.

Banyak perusahaan pertambangan BTC saat ini beroperasi di Norwegia, menggunakan 100% sumber energi terbarukan dan menyumbang 0,74% dari tingkat hash Bitcoin global, menurut data dari Cambridge Bitcoin Electricity Consumption Index. Namun, banyak penduduk kita Sortland di utara negara itu mengeluh tentang polusi suara dari para penambang dan menggemakan kekhawatiran dari anggota parlemen di Amerika Serikat.

Usulan penghapusan tarif pajak listrik penambang datang setelah presentasi Vedum tentang anggaran nasional Norwegia untuk tahun 2023. Menurut menteri keuangan, mengenakan tarif pajak listrik standar kepada penambang dapat menghasilkan pendapatan lebih dari 14 juta dolar AS.