Pengembang Shiba Inu: Tim Belum Umumkan Tanggal Resmi Peluncuran Shibarium
Pengembang Shiba Inu belum rilis tanggal resmi pengumuman Shibarium. (Foto; Dok Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Komunitas Shiba Inu sudah menanti-nantikan peluncuran Shibarium. Namun pihak pengembang baru-baru ini menyampaikan bahwa tanggal resmi peluncurannya belum diumumkan. Sebelumnya, pada September kemarin, perusahaan pengembangan layer 2 Shibarium yakni Unification telah memberikan informasi terbaru terkait pengembangan Shibarium tanpa menyebut tanggal perilisannya.

Unification menyatakan dalam sebuah posting blog bahwa pekerjaannya dengan Shibarium terus berlanjut dengan pengembangan testnet terlebih dulu. Ini rencananya akan dirilis pada kuartal terakhir tahun 2022 atau tahun berikutnya.

Saat ini pengembang tengah fokus pada testnet publik versi beta yang memungkinkan jaringan untuk mendukung komunitas Shiba Inu. Selain itu, versi beta juga akan memberikan kesempatan yang lebih luas untuk pengujian terbuka dan perbaikan bug untuk memastikan peluncuran mainnet yang aman dan efisien.

Kembali pada bulan Juni, Unification menyatakan bahwa pengujian beta publik Shibarium dapat diharapkan pada Q3, 2022. Karena Q4 sudah dimulai, media sosial sekarang dibanjiri dengan permintaan penjelasan dan detail tambahan mengenai peluncuran Shibarium, sebagaimana dilansir dari U.Today.

“Shytoshi Kusama benar, tim SHIB belum mengumumkan apa pun sehingga tidak adil untuk menyalahkan atau FUD tentang hal itu. Sabarlah saudara-saudara kita. Shibarium akan datang, ketika itu datang. Hati-hati semuanya!” tulis salah satu komunitas Shiba Inu melalui akun Twitternya @delomiro, 1 Oktober 2022.

Menurut pemimpin proyek pengembangan Shiba Inu, Shytoshi Kusama, tim belum memberikan tanggal resmi untuk rilis Shibarium. Dia juga merujuk pada pembaruan terbaru Unification, menawarkan Q3 atau segera setelahnya sebagai waktu peluncuran beta publik Shibarium. Sementara untuk gim Shiba Eternity, pengembang menetapkan tanggal pengunduhan (download) resmi untuk komunitas Shiba Inu pada 6 Oktober 2022.

Komunitas Shiba Inu merupakan koin meme kedua setelah Dogecoin. Shiba Inu memiliki komunitasnya sendiri yang disebut ShibArmy. Sementara pencipta Shiba Inu merupakan sosok misterius yang menyebut dirinya sebagai Ryoshi, yang artinya nelayan.

Ryoshi menciptakan token Shiba Inu pada bulan Agustus 2020. Namun Ryoshi mengaku dirinya bukan orang penting. Selain itu, informasi mengenai Ryoshi hanya berhenti sampai di sini.

Dalam tulisannya di platform Medium, Ryoshi menilai informasi mengenai dirinya tidak begitu penting dan dirinya bukan siapa-siapa. Jikapun ada yang berusaha membongkar identitas dirinya, itu hanya akan berakhir mengecewakan.

“Saya sudah bilang dari awal, saya bukan siapa-siapa, saya tidak penting. Upaya untuk membongkar "identitas" saya, bahkan jika berhasil, akan mengecewakan. Saya hanyalah seorang pria tanpa konsekuensi yang mengetik di keyboard dan saya bisa tergantikan. Saya Ryoshi,” tulisnya di Medium.