Lilium Air Mobility Berharap Bisa Produksi 400 Pesawat e-VTOL dalam Setahun
Lilium berharap bisa produksi 400 pesawat listrik eVTOL. (foto: twitter @lilium)

Bagikan:

JAKARTA - Pengembang taksi udara asal Jerman, Lilium Air Mobility, berencana untuk menyiapkan kapasitas industri untuk membuat sekitar 400 pesawat ulang-alik terbang Lilium Jet yang bertenaga listrik dalam setahun. Mereka juga berharap dapat memanfaatkan skema bantuan dana hibah yang diberikan untuk penelitian publik.

Lilium saat ini bersaing di pasar yang ramai untuk kendaraan listrik Vertical Take-Off and Landing (eVTOL), yang diharapkan untuk menggantikan perjalanan darat atau lompatan pendek dengan pesawat atau helikopter.

Namun tantangan untuk mengamankan sertifikasi dan mendanai inovasi seperti teknologi baterai baru telah membebani sektor baru ini. Saham Lilium telah jatuh 73% sepanjang tahun ini.

"Saya mendorong keras (untuk) sistem produksi untuk 400 pesawat. Dan jika suatu hari beruntung, kami membutuhkan 800 kami hanya akan menduplikasinya, bukan di Jerman ... tetapi di mana pasar besar berada," kata mantan Eksekutif Airbus  Klaus Roewe yang kini menjadi CEO Lilium kepada Reuters.

Roewe bergabung dengan perusahaan rintisan Bavaria ini pada Agustus lalu setelah mengalami apa yang dia gambarkan kepada pemegang saham Lilium pada Rabu, 28 September  sebagai "neraka manufaktur" untuk meningkatkan produksi pesawat yang lebih besar sebagai kepala program keluarga A320 di Airbus.

“Mari kita ukur dan mari kita lihat bagaimana kita harus merancang sistem produksi termasuk seluruh rantai pasokan untuk 400 pesawat,” kata Roewe setelah pembaruan pemegang saham triwulanan. Namun Lilium sendiri tidak memberikan rincian biaya.

“Perusahaan berencana untuk pertama kalinya memanfaatkan sumber dana publik seperti hibah penelitian,” kata Roewe.

Dia tidak mengatakan dari mana dana publik itu mungkin berasal atau berapa jumlah yang mungkin terlibat. Perusahaan kedirgantaraan biasanya memanfaatkan program nasional dan Uni Eropa untuk meningkatkan inovasi, sementara Airbus berselisih dengan Boeing terkait penggunaan pinjaman.

Lilium mengatakan yakin baterai lithium yang dapat diisi ulang akan memenuhi persyaratan kinerja dan peraturan. Pada Februari 2020, kebakaran baterai menghancurkan demonstran teknologi dan menyebabkan penundaan pengujian.

Roewe mengatakan risiko yang disebut pelarian termal tidak akan pernah bisa dihilangkan tetapi akan terkandung dalam sejumlah kecil sel dan tetap baik dalam kriteria sertifikasi, yang melibatkan margin kecil yang sama untuk kesalahan seperti untuk jet komersial.

Menurut publikasi kedirgantaraan dan eVTOL, The Air Current, baterai bisa menjadi masalah umum dalam sertifikasi dengan aturan yang belum diselaraskan antara regulator yang berbeda,

Perusahaan Jerman itu merencanakan jaringan transportasi regional bermerek Lilium yang dimulai di Florida dan aliran pendapatan terpisah yang berasal dari penjualan massal hover jet sayap tetapnya ke perusahaan yang merencanakan operasi kargo atau penumpang mereka sendiri.

Ia mengharapkan untuk mulai menerima pembayaran pra-pengiriman tahun depan karena pembeli potensial sudah menempatkan pesanan sementara.