Kerjasama PCF dan Take-Two Interactive Berakhir, Proyek Dagger Akan Diterbitkan Mandiri
Pengembang gim asal Polandia, People Can Fly akhiri kerja sama dengan Take-Two Interactive (foto: Twitter PCF)

Bagikan:

JAKARTA - Take-Two Interactive menghentikan kesepakatan penerbitan dengan Outsiders Developer terkait proyek yang bernama Project Dagger, IP petualangan aksi baru, yang telah dikembangkan selama 2 tahun terakhir ini.

"PCF Group S.A. (People Can Fly) telah mengonfirmasi melalui laporan saat ini yang dirilis pada 23 September 2022, bahwa mereka telah menerima surat dari Take-Two Interactive untuk mengakhiri perjanjian pengembangan dan penerbitan melalui saling pengertian antara para pihak," tulis PCF dalam pengumumannya.

People Can Fly mengatakan bahwa sementara persyaratan untuk penyelesaian pembayaran di muka dan sejenisnya belum disepakati, Take-Two belum menggunakan opsinya untuk mempertahankan kepemilikan IP, yang berarti People Can Fly, pengembang dari Polandia itu mempertahankan kepemilikan penuh atas proyek dan tetap sepenuhnya bertanggung jawab atas produksinya.

People Can Fly mengonfirmasi bahwa judul tersebut masih dalam pra-produksi, dengan rencana saat ini adalah untuk menerbitkannya sendiri ketika sudah siap untuk diluncurkan nanti.

“Saya berasumsi kami akan berpisah dengan baik, dan saya tidak melihat alasan mengapa kami tidak dapat bekerja dengan Take-Two di beberapa proyek lain di masa depan," kata Sebastian Wojciechowski, CEO People Can Fly.

Selain itu, Wojciechowski sangat percaya pada potensi Project Dagger dan sekarang berkomitmen untuk melanjutkan pengembangannya dalam jalur penerbitan mandiri studio. 

"Gim ini masih dalam pra-produksi, tim kami sekarang berfokus pada pertempuran penutup dan putaran gim dan bermigrasi dari UE4 ke UE5. Saya sadar bahwa keputusan ini akan menambah investasi pada kami, tetapi penerbitan sendiri adalah bagian dari strategi kami," ujarnya lebih lanjut.

Project Dagger merupakan satu dari tujuh proyek di People Can Fly yang saat ini sedang dikerjakan. Ada juga Gemini, proyek baru dengan Square Enix, Projects Bifrost dan Victoria. Kedua judul ini akan dirilis dalam model self-publishing.

People Can Fly menjunjung tinggi strategi yang baru-baru ini diperbarui yaitu membiarkan Grup merilis satu gim setiap tahun yang dikembangkan oleh Grup baik bekerja sama dengan penerbit atau dalam model penerbitan sendiri mulai dari tahun 2024.