Pemain di Piala Dunia 2022 Qatar Bisa Bagikan Kinerja Mereka Berkat  FIFA Player App
Aplikasi Pemain FIFA datanya sangat berguna bagi para pemain. (foto: twitter @fifacom)

Bagikan:

JAKARTA – Pada Piala Dunia 2022 di Qatar dimulai pada 20 November, para penggemar akan dibanjiri data statistik dan cuplikan pertandingan di media sosial, langsung dari para pemain. FIFA berharap hal itu mencakup data dan konten dari aplikasi pemain yang baru diterbitkan.

FIFA mengatakan pada Jumat,  23 September bahwa semua pemain di putaran final ini akan dapat menelusuri data kinerja mereka pada aplikasi yang dibuat khusus yang dikembangkan oleh badan pengatur yang memungkinkan pesepakbola dari 32 tim mengakses analisis dan informasi.

Aplikasi ini telah dibuat setelah adanya umpan balik dari pemain, melalui asosiasi pemain FIFPRO, dan data akan disinkronkan dengan video aksi mereka yang memungkinkan penilaian cepat dari momen-momen penting.

Sementara data dan metrik tersebut tersedia secara luas untuk pemain dengan klub top dan tim nasional, yang mempekerjakan tim analis, aplikasi akan memastikan tim dengan sumber daya yang lebih sedikit juga mampu memiliki akses.

Aplikasi ini akan menggunakan masukan dari analis kinerja FIFA, data pelacakan dan metrik kinerja fisik seperti jarak yang ditempuh, sprint dan peta panas (heat wave) posisi mereka.

Pemain juga akan diberikan foto-foto dari pertandingan yang dapat mereka bagikan di media sosial bersama dengan statistik dan data mereka.

"Pengembangan pemain-sentris ini didasarkan pada umpan balik langsung dari para pemain dan merupakan contoh bagus lainnya tentang bagaimana FIFA menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan meningkatkan pengalaman sepak bola bagi para aktor kunci di lapangan," kata Johannes Holzmueller, FIFA Direktur Teknologi & Inovasi Sepak Bola, seperyti dikutip Reuters.

Simon Colosimo, Wakil Sekretaris Jenderal FIFPRO, mengatakan para pemain telah meminta akses yang lebih baik ke data kinerja mereka.

"Aplikasi Pemain FIFA adalah hasil positif yang akan mengaktifkan hak data pribadi dan menyediakan sumber daya baru bagi para pemain di Piala Dunia FIFA di Qatar," katanya.

FIFA telah mengembangkan Aplikasi Pemain FIFA ( FIFA Player App), berdasarkan masukan dari pemain profesional, yang bekerja sama dengan FIFPRO, perwakilan global pesepakbola profesional. Aplikasi Pemain FIFA akan digunakan untuk pertama kalinya di Piala Dunia di Qatar.

Survei dan wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa para pemain sangat tertarik dengan data kinerja mereka dan ingin memiliki akses mudah ke informasi ini. Aplikasi Pemain FIFA ini akan memberikan kesempatan kepada setiap pemain untuk mengakses data kinerja pemain individu mereka segera setelah setiap pertandingan.

Data yang dikumpulkan meliputi hal-hal berikut:

Metrik data sepak bola yang disempurnakan – dihitung dari data acara yang disempurnakan, yang diambil oleh tim analis kinerja sepak bola FIFA yang sangat terlatih, dikombinasikan dengan data pelacakan. Contohnya termasuk apakah seorang pemain membuat penawaran atau gerakan untuk menerima, apakah aksi distribusi mereka melanggar garis lawan, dan tekanan yang mereka berikan kepada lawan yang menguasai bola. Semua metrik diambil berdasarkan definisi Bahasa Sepak Bola FIFA.

Metrik performa fisik – dikumpulkan melalui sistem pelacakan di dalam stadion yang sangat akurat yang terdiri dari beberapa kamera yang terletak di sekitar lapangan untuk cakupan pemain maksimum. Metrik mencakup jarak yang ditempuh pada berbagai ambang batas kecepatan, jumlah aksi di atas 25km/jam, dan kecepatan maksimum, semuanya ditampilkan pada peta panas posisi.

Metrik kecerdasan sepak bola yang disempurnakan – dibuat oleh tim Analisis & Wawasan Kinerja Sepak Bola FIFA melalui pengembangan serangkaian algoritme dan model yang beroperasi secara langsung untuk mengintegrasikan data acara dan pelacakan. Metrik baru memberikan cara inovatif dan menarik untuk menganalisis permainan, termasuk fase permainan, peristiwa pemecah garis, lokasi penerimaan, dan tekanan yang diterapkan pada pemain yang menguasai bola.