Jenis <i>Cyber Crime</i> yang Ada di Dunia
Jenis Cyber Crime yang ada di dunia saat ini (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jenis cyber crime berkembang pesat di dunia teknologi saat ini. Penjahat World Wide Web mengeksploitasi informasi pribadi pengguna internet untuk keuntungan mereka sendiri. Mereka menyelam jauh ke dalam web gelap untuk membeli dan menjual produk dan layanan ilegal. Mereka bahkan mendapatkan akses ke informasi rahasia pemerintah.

Kejahatan dunia maya selalu tinggi, merugikan perusahaan dan individu miliaran dolar setiap tahun. Yang lebih menakutkan adalah angka ini hanya mewakili 5 tahun terakhir tanpa akhir yang terlihat. Evolusi teknologi dan peningkatan aksesibilitas teknologi pintar berarti ada banyak titik akses di dalam rumah pengguna untuk dieksploitasi oleh peretas. Sementara penegakan hukum berupaya mengatasi masalah yang berkembang, jumlah kriminal terus bertambah, mengambil keuntungan dari anonimitas internet.

Jenis Cyber Crime

Kejahatan Dunia Maya (Unsplash)
Kejahatan Dunia Maya (Unsplash)

 

Ada tiga kategori utama kejahatan dunia maya: individu, properti, dan pemerintah. Jenis metode yang digunakan dan tingkat kesulitannya berbeda-beda tergantung kategorinya.

Properti: Ini mirip dengan contoh kehidupan nyata dari penjahat yang secara ilegal memiliki rincian bank atau kartu kredit seseorang. Peretas mencuri detail bank seseorang untuk mendapatkan akses ke dana, melakukan pembelian online, atau menjalankan penipuan phishing untuk membuat orang memberikan informasi mereka. Mereka juga dapat menggunakan perangkat lunak berbahaya untuk mendapatkan akses ke halaman web dengan informasi rahasia.

Individu: Kategori kejahatan dunia maya ini melibatkan satu individu yang mendistribusikan informasi berbahaya atau ilegal secara online. Ini dapat mencakup cyberstalking, mendistribusikan pornografi, dan perdagangan manusia.

Pemerintah: Ini adalah kejahatan dunia maya yang paling tidak umum, tetapi merupakan pelanggaran paling serius. Kejahatan terhadap pemerintah juga dikenal sebagai cyber terrorism. Kejahatan dunia maya pemerintah termasuk meretas situs web pemerintah, situs web militer, atau menyebarkan propaganda. Penjahat ini biasanya teroris atau musuh pemerintah negara lain.

Jenis-jenis Kejahatan Dunia Maya

Serangan DDoS

Ini digunakan untuk membuat layanan online tidak tersedia dan menurunkan jaringan dengan membanjiri situs dengan lalu lintas dari berbagai sumber. Jaringan besar perangkat yang terinfeksi yang dikenal sebagai Botnet dibuat dengan menyimpan malware di komputer pengguna. Peretas kemudian meretas ke dalam sistem setelah jaringan mati.

Botnet

Botnet adalah jaringan dari komputer yang disusupi yang dikendalikan secara eksternal oleh peretas jarak jauh. Peretas jarak jauh kemudian mengirim spam atau menyerang komputer lain melalui botnet ini. Botnet juga dapat digunakan untuk bertindak sebagai malware dan melakukan tugas berbahaya.

Pencurian identitas

Kejahatan dunia maya ini terjadi ketika seorang penjahat memperoleh akses ke informasi pribadi pengguna untuk mencuri dana, mengakses informasi rahasia, atau berpartisipasi dalam penipuan pajak atau asuransi kesehatan. Mereka juga dapat membuka rekening telepon/internet atas nama Anda, menggunakan nama Anda untuk merencanakan kegiatan kriminal dan mengklaim keuntungan pemerintah atas nama Anda. Mereka mungkin melakukan ini dengan mencari tahu kata sandi pengguna melalui peretasan, mengambil informasi pribadi dari media sosial, atau mengirim email phishing.

Cyberstalking

Jenis kejahatan dunia maya ini melibatkan pelecehan online di mana pengguna menjadi sasaran sejumlah besar pesan dan email online. Biasanya cyberstalker menggunakan media sosial, situs web, dan mesin pencari untuk mengintimidasi pengguna dan menanamkan rasa takut. Biasanya si cyberstalker mengenal korbannya dan membuat orang tersebut merasa takut atau khawatir akan keselamatannya.

Rekayasa Sosial

Rekayasa sosial melibatkan penjahat yang melakukan kontak langsung dengan Anda biasanya melalui telepon atau email. Mereka ingin mendapatkan kepercayaan diri Anda dan biasanya menyamar sebagai agen layanan pelanggan sehingga Anda akan memberikan informasi yang diperlukan yang dibutuhkan. Ini biasanya berupa kata sandi, perusahaan tempat Anda bekerja, atau informasi bank. Penjahat dunia maya akan mencari tahu apa yang mereka dapat tentang Anda di internet dan kemudian mencoba menambahkan Anda sebagai teman di akun sosial. Setelah mereka mendapatkan akses ke akun, mereka dapat menjual informasi Anda atau mengamankan akun atas nama Anda.

Penipuan Online

Ini biasanya dalam bentuk iklan atau email spam yang menyertakan janji hadiah atau penawaran uang dalam jumlah yang tidak realistis. Penipuan online termasuk penawaran menarik yang "terlalu bagus untuk menjadi kenyataan" dan ketika diklik dapat menyebabkan malware mengganggu dan membahayakan informasi.

Eksploitasi Kit

Kit eksploitasi membutuhkan kerentanan (bug dalam kode perangkat lunak) untuk mendapatkan kendali atas komputer pengguna. Mereka adalah alat siap pakai yang dapat dibeli penjahat secara online dan digunakan untuk melawan siapa pun yang memiliki komputer. Kit eksploit ditingkatkan secara teratur mirip dengan perangkat lunak normal dan tersedia di forum peretasan web gelap.

Pups

PUPS atau Program yang Mungkin Tidak Diinginkan kurang mengancam dibandingkan kejahatan dunia maya lainnya, tetapi merupakan jenis malware. Mereka menghapus perangkat lunak yang diperlukan di sistem Anda termasuk mesin pencari dan aplikasi yang telah diunduh sebelumnya. Mereka dapat menyertakan spyware atau adware, jadi sebaiknya instal perangkat lunak antivirus untuk menghindari unduhan berbahaya.

Pengelabuan

Jenis serangan ini melibatkan peretas yang mengirimkan lampiran email atau URL berbahaya kepada pengguna untuk mendapatkan akses ke akun atau komputer mereka. Penjahat dunia maya menjadi lebih mapan dan banyak dari email ini tidak ditandai sebagai spam. Pengguna tertipu ke email yang mengklaim bahwa mereka perlu mengubah kata sandi mereka atau memperbarui informasi penagihan mereka, memberikan akses penjahat.

Konten Terlarang/Ilegal

Kejahatan dunia maya ini melibatkan para penjahat yang membagikan dan mendistribusikan konten yang tidak pantas yang dapat dianggap sangat menyusahkan dan menyinggung. Konten yang menyinggung dapat mencakup, namun tidak terbatas pada, aktivitas seksual antara orang dewasa, video dengan kekerasan yang intens, dan video aktivitas kriminal. Konten ilegal mencakup materi yang menganjurkan tindakan terkait terorisme dan materi eksploitasi anak. Jenis konten ini ada di internet sehari-hari dan di web gelap, jaringan anonim.

Jadi itulah jenis cyber crime, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!