Mengenal Apa Itu Breached Forums yang Diduga Jadi Tempat Hakcer Bjorka Melancarkan Aksinya
Ilustrasi hacker ( Kevin Ku on Unsplash).jpg

Bagikan:

YOGYAKARTA – Breached Forums makin disorot di Tanah Air setelah akun hacker Bjorka membocorkan data pribadi masyarakat dan sejumlah pejabat Indonesia. Lalu, apa itu Breached Forums yang punya kaitan erat dengan para peretas?

Apa Itu Breached Forums

Breached Forums adalah situs yang dimanfaatkan hacker Bjorka untuk melancarkan aksinya terkait pembobolan data pribadi. Situs ini memang terkenal sebagai wadah bagi para peretas termasuk Bjorka untuk membagikan atau menjual sejumlah data penting.

Sederhananya, Breach Forums merupakan sebuah situs yang dimanfaatkan untuk diskusi secara daring yang diisi oleh para pengguna internet.

Dalam flashpoint.io dikatakan bahwa Breach Forums dibuat tiga minggu pasca Raid Forums ditutup secara resmi atau tepatnya pada 16 Maret 2022. Sedangkan sosok pembuat Breach Forums menamakan dirinya Pompompurin. Sosok ini pula yang aktif di Raid Forums.

Pompompurin membuat forum baru yang digunakan oleh para hacker ilegal sebagai alternatif Raid Forums yang sudah ditutup.

Meski terbilang baru, di awal terbentuknya Forum Breached memiliki 1.500 anggota dan terus bertambah hingga saat ini. Anggota yang bergabung berasal dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia.

Dikutip cyberint.com, meski forum tersebut masih seumur jagung, pengguna Forum Breached sukses menghimpun data hingga kurang lebih 10,9 miliar data yang tersebar di “533 Datasets”. Padahal di Forum Raid data yang berhasil dihimpun mencapai 10,8 miliar data. Meski demikian kedua forum tersebut tak bisa dibandingkan karena memiliki keunggulan masing-masing.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pengguna Breach Forums berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Artinya, Anda pun bisa melakukan pendaftaran untuk bergabung dalam situs tersebut. Sedangkan cara mendaftar di Breach Forums cukup mudah.

Pertama, kunjungi situs breached.to, setelah itu pilih “Register” di kanan atas. Anda akan dialihkan ke halaman yang memuat “BreachForums - Registration Agreement”. Anda disarankan untuk membaca agreement dengan seksama agar tahu risiko apa yang akan ditempuh. Setelah itu Anda bisa memilih “I Agree”.

Calon pengguna akan diminta melengkapi sejumlah data, mulai dari Username, Password, Email, dan sebagainya. Setelah itu Anda bisa klik “Submit Registration”.

Peraturan di Breached Forums

Ada sejumlah aturan yang harus dipahami oleh pengguna Breached Forums dari Indonesia yang dibuat khusus oleh pengelola, terutama bagi pengguna yang ingin berkomunikasi dengan Bjorka.

Dalam thread yang dibuat admin forum dikatakan bahwa pengguna Breached Forums bisa berkomunikasi dengan Bjorka melalui pesan langsung.

“Jika Anda sekarang berada di forum ini, kemungkinan besar Anda berada di forum ini karena "Bjorka" yang akhir-akhir ini didengungkan di media massa". Anda dapat mencari akun Bjorka di https://breached.to/User-Bjorka . Jika Anda ingin menghubungi Bjorka, Anda dapat mengirim pesan langsung ke Bjorka lewat fitur pesan pribadi atau japri.”

Pengguna dilarang untuk menghubungi staf untuk dihubungkan dengan Bjorka atau menanyakan tentang pengguna lainnya di official chats tentang bagaimana cara menghubungi Bjorka. Pelanggaran ini akan berakibat pada konsekuensi banned.

Peserta juga tidak boleh berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia, harus dengan Bahasa Inggris. Jika kesulitan dengan Bahasa Inggris, peserta bisa memanfaatkan translator seperti Google Translate.

“Hal paling penting saat ini adalah agar Anda mengerti bahwa forum kami menggunakan Bahasa Inggris. Saat Anda berada di sini, Anda harus menggunakan Bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan pengguna lainnya, baik di official chats, Discord, Telegram, dan lainnya.”

“Jika Anda ingin membuka konten yang terkunci, Anda harus mendapat kredit atau poin. Kredit bisa didapat dengan mengunggah konten terbaik Anda, atau bisa didapat lewat membeli kredit, atau meningkatkan akun Anda lewat https://payments.breached.to.”

Peningkatan akun dan pembayaran kredit bisa dilakukan dengan mata uang digital atau kripto, sehingga PayPal tida bisa digunakan untuk transaksi di forum ini.

Itulah informasi terkait apa itu Breached Forums. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.