Vaulta dari Brisbane Memenangkan Penghargaan Sebagai Desain Casing Baterai EV Terbaik 2022
Ilustrasi penyimpanan baterai Vaulta (foto: Vaulta)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan teknologi baterai yang berbasis di Brisbane, Vaulta telah mendapatkan Australian Good Design Award 2022 sebagai "Simply Superior Battery Casing Technology".

Vaulta yang telah didirikan sejak tahun 2019 oleh Dominic Spooner ini telah merancang casing baterai ringan, yang membutuhkan lebih sedikit suku cadang berkat material komposit canggih dan desain yang cerdas dan ramping.

Dengan berat dan ukuran 10-15% lebih rendah dari casing baterai tradisional, casing baterai Vaulta diklaim dapat membantu meningkatkan nilai masa pakai kedua untuk sel dan bagian casing.

Postingan LinkedIn vaulta

 

Alasan Vaulta mendapatkan penghargaan dari Australia Good Design Award 2022 adalah karena casing baterainya yang dinilai lebih ramah lingkungan dan dapat didaur ulang untuk mengurangi limbah baterai EV.

“Baterai daur ulang secara fungsional terlalu mahal untuk menjadi pilihan realistis bagi perusahaan,” jelas Dr Brandon Gien, CEO Good Design Australia dan Ketua Penghargaan, mengutip dari The Driven.

Desain sederhana dari teknologi baterai Vaulta dapat digunakan untuk memberi daya pada segala hal mulai dari sepeda motor listrik kecil hingga bus dan truk listrik.

Gien juga mengatakan bahwa kotak baterai Vaulta lebih fleksibel baik dari sisi peralatan industri ataupun peralatan rumah. Sehingga, penyimpanan yang dibutuhkan juga sedikit.

“Saya sangat senang dengan pengakuan yang diberikan penghargaan ini, terutama karena membantu menunjukkan solusi kami untuk limbah baterai, masalah yang berkembang yang perlu ditangani Australia sekarang,” kata Dominic Spooner, pendiri dan CEO Vaulta, dalam sebuah pernyataan ke The Driven.

Spooner mengatakan bahwa desain ini siap untuk digunakan sekarang dan siap untuk diluncurkan secara global.