Rusia Ancam Satelit AS dan Sekutu Bisa Jadi Target dalam Perang, Termasuk Starlink Milik SpaceX
Jaringan internet Starlink, banyak berjasa untuk Ukraina. (foto: twitter @spacex)

Bagikan:

JAKARTA -  Perang di masa depan mungkin tak akan sesederhana saat ini. Luar angkasa bisa menjadi palagan berikutnya. Rusia baru-baru ini menyatakan jika satelit swasta yang digunakan oleh AS dan sekutunya bisa menjadi target militer yang sah di tengah perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Pernyataan yang dibuat pekan ini oleh Konstantin Vorontsov, anggota Kementerian Luar Negeri Rusia dan kepala delegasi negara itu untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, muncul selama pertemuan kelompok kerja di Jenewa tentang upaya mengurangi ancaman dan meningkatkan kerja sama di luar angkasa.

Vorontsov menyatakan delegasi Rusia ingin menggarisbawahi tren yang sangat berbahaya yang melampaui penggunaan teknologi luar angkasa yang tidak berbahaya dan telah menjadi jelas selama peristiwa di Ukraina.

Menurut terjemahan bahasa Inggris PBB dari pernyataan tersebut, Vorontsov mengatakan bahwa penggunaan aset satelit komersial dan sipil oleh Amerika Serikat dan sekutunya selama invasi yang sedang berlangsung ke Ukraina merupakan keterlibatan tidak langsung dalam konflik militer, apakah mereka menyadarinya atau tidak dan bahwa apa yang disebut infrastruktur kuasi-sipil dapat menjadi target yang sah untuk pembalasan.

 Setidaknya penggunaan satelit sipil yang provokatif ini dipertanyakan di bawah Perjanjian Luar Angkasa, yang mengatur penggunaan luar angkasa secara eksklusif untuk tujuan damai, dan harus dikutuk keras oleh komunitas internasional.

Komentar Rusia tiba pada saat itu didorong kembali oleh tentara Ukraina dan ketegangan meningkat antara AS dan rezim yang dipimpin Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Para pejabat Amerika mengatakan bahwa sistem satelit Starlink milik Elon Musk memberi pasukan Ukraina keunggulan dalam memenangkan perang pesawat tak berawak karena negara itu memanfaatkan teknologi untuk melacak invasi Rusia. Bahkan di daerah terpencil yang terkenal di Ukraina, mereka selalu unggul.

Di luar aplikasi militer jaringan Starlink, Ukraina juga menggunakannya untuk membawa koneksi berkecepatan tinggi ke kamp-kamp pengungsi di desa-desa barat negara itu di mana banyak yang telah melarikan diri.

Starlink Berjasa di Ukraina

Menurut Politico, anggota brigade mekanik ke-93 Ukraina dapat memberi tahu orang yang mereka cintai bahwa mereka aman melalui pesan satelit terenkripsi setiap hari setelah jaringan ponsel lokal terputus selama penembakan berat.

"Terima kasih, Elon Musk," kata Oleksiy kepada Politico segera setelah masuk melalui satelit Starlink untuk mengetahui bahwa pemerintahan Joe Biden akan mengirim roket jarak jauh ke tentara Ukraina dalam pertarungannya dengan Rusia.

Tak lama setelah invasi Februari lalu, SpaceX mengirim beberapa terminal pengiriman Starlink ke Ukraina untuk meningkatkan jangkauan dan konektivitas setelah serangan Rusia terhadap infrastruktur telekomunikasi negara itu.

Kini terdapat 150.000 pengguna aktif Starlink setiap hari di Ukraina dan total 15.000 terminal digunakan.

Jaringan Starlink 'dengan cepat' melawan serangan jamming Rusia pada April lalu. Pentagon  juga mencatat bahwa tanggapan militer AS untuk melawan serangan itu akan memakan waktu lebih lama.

Dilaporkan oleh Daily Mail, Dave Tremper, dari Office of the Secretary of Defense, memuji kemampuan SpaceX atas kelincahannya, terutama cara yang dapat ditingkatkan Starlink ketika ancaman muncul.

Terminal Starlink, yang kecil dan terhubung ke antena piringan, membutuhkan sangat sedikit listrik untuk beroperasi dan bahkan dapat ditenagai oleh pemantik rokok mobil sekali pun. Ini membuatnya cukup mudah dioperasikan di negara yang dilanda perang.

Angkatan Udara A.S. memberi SpaceX kontrak 1,9 juta dolar AS untuk layanan Starlink di Eropa dan Asia yang mencatat bahwa sistem tersebut adalah satu-satunya penyedia jaringan satelit orbit rendah Bumi yang saat ini digunakan dalam lingkungan yang diperebutkan: Ukraina.

Pernyataan delegasi Rusia dilaporkan melanjutkan untuk memperingatkan PBB agar tidak mengadopsi aturan non-inklusif yang terpecah-pecah untuk mengatur kegiatan ruang angkasa, yang tidak mempertimbangkan pendekatan semua Negara Anggota PBB dan berusaha untuk memastikan dominasi ruang angkasa dari sebuah kelompok kecil.

Rusia kemudian mengatakan negara-negara sekutu AS harus fokus pada asumsi kewajiban nasional dan internasional untuk tidak menempatkan senjata dalam bentuk apa pun di luar angkasa, termasuk di orbit di sekitar Bumi dan di benda langit, dan melarang ancaman atau penggunaan kekuatan terhadap atau dengan benda-benda luar angkasa, serta memperkenalkan larangan lengkap dan menyeluruh terhadap senjata serang di luar angkasa untuk digunakan terhadap benda-benda luar angkasa.

Meski begitu, Rusia tampak bersemangat untuk memutuskan hubungan dengan AS dan sekutunya dalam hal-hal terkait ruang angkasa lainnya, saat bulan lalu meluncurkan model  stasiun ruang angkasa yang dirancang sendiri setelah meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Roscosmos telah memamerkan model stasiun luar angkasa baru yang mereka rancang, yang akan memiliki empat modul selama fase pertama dan akhirnya berkembang menjadi enam dengan platform layanan. Rancangan ini diluncurkan di pameran industri militer di luar Moskow.

Yuris Borisov, kepala badan antariksa Rusia, mengatakan Rusia akan keluar dari ISS setelah 2024 dan sedang mengerjakan stasiun luar angkasanya sendiri.

Media pemerintah Rusia telah mengabarkan tahap pertama stasiun ini dapat diluncurkan pada tahun 2025-25 dan paling lambat tahun 2030, dengan tahap akhir direncanakan pada tahun 2030-35.