Peluncuran Ligado Networks Dikhawatirkan Ganggu GPS Tua Milik Pentagon
Pentagon terganggu dengan peluncuran Leigado Networks. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Departemen Pertahanan AS atau lebih akrab disebut Pentagon mengatakan sebuah penelitian yang dirilis Jumat, 9 September menunjukkan jaringan broadband seluler nasional yang tengah direncanakan, Ligado Networks,  akan mengganggu penerima sistem pemosisian global (GPS) militer.

Komisi Komunikasi Federal pada April 2020 memilih untuk mengizinkan Ligado untuk menyebarkan jaringan berdaya rendah. Pada Januari 2021, FCC menolak tawaran pemerintah AS untuk menunda keputusannya.

Laporan National Academy of Sciences, Engineering, and Medicine yang dirilis Jumat lalu memperingatkan beberapa layanan satelit bergerak Iridium Communications  yang digunakan oleh Departemen Pertahanan AS dan lainnya akan mengalami gangguan berbahaya dalam kondisi tertentu dan memperingatkan beberapa perangkat presisi tinggi yang dijual sebelum 2012 dapat rentan terhadap gangguan berbahaya yang signifikan.

Departemen Pertahanan mengatakan penelitian ini konsisten dengan pandangannya bahwa sistem Ligado akan mengganggu penerima GPS kritis dan tidak praktis untuk mengurangi dampak gangguan itu dan mencatat penelitian tersebut menemukan langkah-langkah mitigasi dan penggantian yang diusulkan FCC tidak praktis, biaya mahal, dan mungkin tidak efektif.

Ligado berpendapat laporan itu menemukan sebagian kecil perangkat GPS yang sangat tua dan dirancang dengan buruk mungkin memerlukan peningkatan.

FCC menetapkan program 2020 untuk meningkatkan atau mengganti peralatan federal, dan kami tetap siap membantu agensi mana pun yang mengajukan perangkat usang. Sejauh ini, tidak ada yang melakukannya.

Ligado mengatakan pihaknya berharap agensi AS akan berhenti memblokir otoritas lisensi Ligado dan fokus bekerja dengan Ligado untuk menyelesaikan potensi dampak yang berkaitan dengan semua sistem DOD.

Iridium mengatakan penelitiannya menunjukkan bahwa operasi yang diusulkan Ligado akan menyebabkan gangguan berbahaya. Iridium juga mendesak FCC untuk mengambil tindakan cepat untuk membalikkan perintah sebelum Ligado memulai demonstrasi teknisnya musim gugur ini.

Sementara FCC tidak segera berkomentar atas laporan itu saat dihubungi Reuters.

Studi ini juga menemukan jaringan Ligado tidak akan menyebabkan sebagian besar navigasi umum yang diproduksi secara komersial, pengaturan waktu, seluler, atau penerima GPS penerbangan bersertifikat mengalami gangguan berbahaya.

Pada Mei 2020, Departemen Perdagangan AS mengajukan permintaan kepada FCC atas nama badan eksekutif cabang, termasuk departemen Pertahanan dan Transportasi, dengan alasan hal itu akan menyebabkan "kerugian yang tidak dapat diperbaiki bagi pengguna pemerintah federal" GPS.

Laporan tersebut meminta FCC dan Commerce untuk melakukan pengujian bersama dan pendekatan yang lebih kolaboratif untuk menyelesaikan masalah spektrum.