Bagikan:

JAKARTA – Penggunaan teknologi biometrik untuk mengidentifikasi seseorang, terus dikembangkan. Salah satunya untuk industri penerbangan yang menuntut minimnya sentuhan kontak langsung antara manusia.

Star Alliance, aliansi maskapai penerbangan terbesar di dunia, ingin sekitar setengah dari 26 anggotanya menggunakan teknologi biometrik pada tahun 2025. Hal ini dikarenakan adanya  permintaan penumpang yang tumbuh untuk perjalanan tanpa kontak dan lebih sedikit kemacetan di bandara setelah pandemi COVID-19.

Dengan meningkatkan jumlah titik kontak bandara di mana penumpang dapat menggunakan teknologi biometrik, seperti perbandingan wajah yang memungkinkan seseorang menggunakan wajah mereka sebagai boarding pass, Star Alliance berharap dapat mengurangi waktu pemrosesan melalui keamanan bandara, penurunan bagasi, gerbang keberangkatan, dan ruang tunggu.

Menurut  Christian Draeger, wakil presiden pengalaman pelanggan Star Alliance, grup tersebut menginginkan 12 hingga 15 maskapai penerbangan, atau kira-kira dua kali lipat dari jumlah saat ini, untuk menggunakan strategi biometriknya atau memastikan kompatibilitasnya.

Selain maskapai penerbangan, Star Alliance juga berharap empat bandara Eropa yang berpartisipasi dalam program biometriknya akan menambah titik kontak tambahan, serta menambah jumlah bandara yang berpartisipasi.

"Kami pasti harus menuju setengah dari operator kami yang berpartisipasi. Namun pada saat yang sama kita juga perlu meningkatkan jaringan bandara yang berpartisipasi,” kata Drager kepada Reuters. “Ini adalah pertama kalinya aliansi penerbangan, yang mengoordinasikan layanan dan proyek seperti infrastruktur digital untuk anggotanya, telah menguraikan target spesifik.”

Meskipun tidak mengikat, tujuannya menggemakan upaya sektor swasta untuk memvalidasi identitas di jalur khusus di depan pos pemeriksaan keamanan. Perusahaan seperti Clear Secure (ANDA) mengizinkan penumpang dengan keanggotaan bandara berbayar untuk menggunakan teknologi biometrik mereka alih-alih ID perjalanan.

Usulan itu muncul ketika para ahli global di Montreal sedang mendiskusikan penggunaan biometrik yang lebih luas untuk menggantikan dokumen perjalanan konvensional secara aman di simposium penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berakhir pada Kamis, 15 September.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) PBB menetapkan standar dalam segala hal mulai dari marka landasan hingga investigasi kecelakaan yang biasanya diadopsi oleh 193 negara anggotanya.

Tetapi penggunaan biometrik dalam perjalanan bervariasi menurut wilayah, karena aturan privasi yang berbeda dan kurangnya keahlian teknis beberapa negara, membuat teknologi ini lebih sulit untuk diperkenalkan.

Menurut laporan tahun 2021 dari komunikasi transportasi udara dan spesialis IT SITA, selama tiga tahun ke depan, 38% bandara berencana untuk menerapkan satu token biometrik seperti wajah yang membawa penumpang melalui semua pos pemeriksaan, naik dari 3% tahun lalu.

Anggota Star Alliance, United Airlines,  mengatakan sedang mencari cara untuk memudahkan perjalanan melalui penggunaan biometrik di beberapa titik di seluruh bandara.

“Kegunaan lain dari biometrik adalah untuk memudahkan perjalanan telah berkembang dari waktu ke waktu. Sekitar 80% dari negara bagian ICAO sekarang mengeluarkan e-paspor, yang diluncurkan pada tahun 2004 dan memiliki chip aman dengan foto wisatawan,” kata Christiane DerMarkar, petugas teknis di program identifikasi wisatawan ICAO yang berbicara di symposium tersebut.