China Kini Jadi Bagian Penting dari Target Pendapatan Twitter, Ini Penjelasannya
Iklan budaya dan pariwisata pemerintah China jadi sumber pendapatan bagi Twitter. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah China memang melarang sekitar 1,4 miliar warganya untuk menggunakan Twitter. Namun otoritas lokalnya juga membelanjakan iklan secara global di perusahaan micro blogging. Bahkan belanja iklan yang besar itu menjadikan negara tersebut sebagai pasar iklan luar negeri yang tumbuh paling cepat di platform media sosial.  Mereka menjadi salah satu sumber pendapatan non-AS terbesar di media sosial.

Menurut laporan Reuters terhadap tender pemerintah China yang tersedia untuk umum, dokumen anggaran, dan tweet yang dipromosikan dari tahun 2020 hingga 2022 menunjukkan otoritas pemerintah daerah dan kantor propaganda Partai Komunis China untuk kota, provinsi, dan bahkan distrik di seluruh negeri telah berbondong-bondong berbelanja iklan ke Twitter.

Promosi tersebut, sering kali dialihdayakan oleh pemerintah daerah ke media pemerintah. Promosi itu sendiri menampilkan atraksi lokal, serta pencapaian budaya dan ekonomi, kepada audiens internasional. Iklan tersebut diizinkan di bawah pengecualian larangan Twitter terhadap iklan media pemerintah.

Tinjauan tersebut menunjukkan untuk pertama kalinya betapa pentingnya China bagi Twitter. Apalagi di bawah tekanan dari investor untuk memenuhi target pertumbuhan karena bisnisnya di AS saat ini terhenti.

Empat sumber juga mengatakan kepada Reuters bahwa operasi di China menjadi sumber bentrokan internal antara tim yang ingin memaksimalkan peluang penjualan iklan dan pihak lain yang berkepentingan untuk menjaga hubungan bisnis dengan entitas yang berafiliasi dengan pemerintah AS pada saat meningkatnya ketegangan antara Beijing dan Washington.

Transaksi Twitter di China mengemuka pada Selasa, 13 September lalu,  ketika Komite Kehakiman Senat AS mengadakan sidang untuk mempertimbangkan pengaduan yang diajukan oleh mantan kepala keamanan Twitter Peiter "Mudge" Zatko.

Dia merujuk cerita Reuters ini ketika bersaksi tentang bagaimana FBI memberi tahu Twitter bahwa ada agen China yang bekerja di perusahaan itu.

Di antara klaim lainnya, keluhannya setebal 84 halaman menuduh "Eksekutif Twitter tahu bahwa menerima uang China berisiko membahayakan pengguna di China," dan bahwa "Mr. Zatko diberitahu bahwa Twitter terlalu bergantung pada aliran pendapatan pada saat ini untuk melakukan apa pun selain upaya untuk meningkatkannya." Reuters tidak dapat memverifikasi klaim secara independen. Twitter sendiri telah membantah tuduhan itu.

Selama persidangan, Senator AS Chuck Grassley mengatakan bahwa laporan Zatko kepada komite menuduh bahwa FBI memberi tahu Twitter, bahwa setidaknya satu agen China di perusahaan tersebut.

Zatko mengatakan selama persidangan bahwa agen tersebut diduga berasal dari Kementerian Keamanan Negara China, agen spionase utama negara itu.

Mantan eksekutif tersebut mengatakan pada sidang bahwa karyawan Twitter telah "terganggu" bahwa, meskipun dilarang di China, platform tersebut menerima uang dari organisasi yang terkait dengan pemerintah China, yang mengakibatkan "teka-teki internal".

"Responsnya adalah kami sudah tidur. Akan menjadi masalah jika kami kehilangan aliran pendapatan itu, jadi mencari cara untuk membuat orang nyaman dengannya," kata Zatko kepada para senator, seperti dikutip Reuters.

Menurut dua orang sumber yang mengetahui masalah ini, juga  mengatakan bahwa tim penjualan Twitter di China secara aktif mendekati pemerintah daerah di negara itu sebagai bagian dari strategi globalnya untuk bersaing dalam bisnis iklan dengan saingan teknologi seperti Google Alphabet dan Facebook dari Meta.

Menurut dua sumber itu, perusahaan gim, e-commerce, dan teknologi di China juga merupakan pelanggan utama Twitter. Penjualan iklan luar negeri Twitter kepada klien China diperkirakan mencapai "ratusan juta dolar per tahun yang sebagian besar berasal dari perusahaan-perusahaan ini.

Sementara Twitter sendiri menolak mengomentari diskusi internal dan kinerja penjualannya di China. Seorang juru bicara Twitter mengatakan perusahaan tidak pernah menyembunyikan fakta bahwa mereka melakukan bisnis dengan entitas komersial China.

Larangan Iklan Twitter 

Twitter melarang iklan politik dan media pemerintah pada tahun 2019, meskipun pengumuman blog Agustus tahun itu memungkinkan adanya iklan "dari akun (media pemerintah) yang semata-mata didedikasikan untuk konten hiburan, olahraga, dan perjalanan". Namun, pada bulan Maret tahun ini, pengecualian itu dibatalkan, yang secara efektif melarang perusahaan media pemerintah untuk beriklan di Twitter sama sekali.

Dalam posting blog Twitter bulan Maret, wakil presiden kebijakan publik global Twitter , Sinead McSweeney, mengatakan bahwa "ketidakseimbangan informasi yang parah" tercipta ketika pemerintah yang memblokir akses ke Twitter di negara bagian mereka terus menggunakannya untuk komunikasi mereka sendiri.

Namun, Reuters menemukan lusinan iklan untuk pemerintah daerah China, serta untuk media pemerintah itu sendiri, yang diterbitkan di Twitter sejak Maret. Twitter, seperti platform lainnya, juga memperoleh pendapatan ketika pengiklan mengirimkan iklan melalui platform online swalayan.

Twitter mengatakan sedang meningkatkan teknologi deteksi otomatis yang ditujukan untuk aktivitas yang melanggar kebijakan platform. "Pekerjaan ini menantang dan kami tahu masih banyak yang harus kami lakukan," kata Twitter itu dalam sebuah pernyataan.

Organ propaganda utama Partai Komunis China dan kementerian budaya dan pariwisata pemerintah pusat, keduanya berbasis di Beijing, tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters atas laporan ini.