Twitter Luncurkan Birdwatch untuk Pengecekan Fakta Konten yang Diposting, Ini Cara Kerjanya
Twitter luncurkan Birdwatch untuk moderasi konten. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter Inc akan memperluas proyek pengecekan fakta komunitasnya yang disebut Birdwatch. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan media sosial itu pada Rabu, 7 September. Mereka juga ingin memperdalam pendekatan barunya ke bentuk baru moderasi konten.

Birdwatch diluncurkan tahun lalu, yang memungkinkan beberapa pengguna Twitter untuk menghilangkan prasangka tweet yang menyesatkan dengan melampirkan catatan ke konten untuk memberikan konteks atau menunjuk ke sumber yang akurat.

Platform media sosial termasuk Twitter telah lama menghadapi tekanan persaingan tentang cara memoderasi konten yang muncul di layanan mereka. Kritikus menuduh perusahaan melakukan terlalu sedikit upaya untuk menghapus posting berbahaya. Sementara yang lain berpendapat bahwa platform harus melindungi kebebasan berbicara.

Miliarder Elon Musk, yang berusaha meninggalkan kesepakatan senilai 44 miliar dolar AS untuk membeli Twitter, mengatakan perusahaan harus menghapus lebih sedikit posting dan bertindak sebagai balai kota publik untuk kebebasan berbicara.

Tweet dengan catatan Birdwatch ditinggalkan di layanan dan distribusi algoritmiknya ke pengguna lain tidak terpengaruh.

"Kami hanya berpikir itu adalah tempat yang sangat kuat untuk memulai, karena itu hanya mempersenjatai orang dengan informasi dan membiarkan mereka mengambil keputusan sendiri," kata Keith Coleman, wakil presiden produk Twitter, selama briefing dengan wartawan, termasuk Reuters.

Sementara Twitter memiliki kebijakan yang melarang konten seperti ujaran kebencian atau seruan kekerasan, Birdwatch mengizinkan komunitas Twitter untuk menangani tweet di "wilayah abu-abu."

Hingga saat ini, Birdwatch merupakan eksperimen terbatas dengan 15.000 kontributor menulis catatan pengecekan fakta. Twitter mengatakan sekarang akan menambah sekitar 1.000 kontributor baru per minggu.

“Catatan Birdwatch diadakan di situs web terpisah, tetapi setengah dari pengguna di Amerika Serikat akan mulai melihat catatan di garis waktu Twitter mereka,” kata perusahaan itu.

Menurut Twitter Proyek ini telah menghasilkan hasil yang menggembirakan. Sebanyak 15% hingga 35% lebih kecil kemungkinannya untuk "menyukai" atau me-retweet konten yang memiliki catatan Birdwatch yang terlampir padanya. Mereka juga 20% hingga 40% lebih kecil kemungkinannya untuk setuju dengan tweet yang berpotensi menyesatkan setelah membaca catatan Birdwatch tentangnya.