Google Buat Pembaruan pada Mesin Penelusuran untuk Atasi <i>Clickbait</i>
Google buat pembaruan di mesin penelusuran. (foto: ary julianto/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - Google membuat serangkaian pembaruan pada mesin penelusuran yang bertujuan untuk mengatasi clickbait dan meningkatkan relevansi hasil penelusuran, memprioritaskan ulasan asli dan autentik daripada informasi daur ulang yang beredar di sekitar situs agregator.  Perubahan dalam bentuk dua pembaruan sekaligus sedang diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

“Kami tahu orang tidak menganggap konten bermanfaat jika sepertinya dirancang untuk menarik klik daripada memberi tahu pembaca. Jadi mulai minggu depan untuk pengguna bahasa Inggris secara global, kami meluncurkan serangkaian peningkatan Penelusuran untuk memudahkan orang menemukan konten bermanfaat yang dibuat khusus oleh dan untuk orang-orang,” bunyi pengumuman tersebut, seperti dikutip The Verge.

“Pembaruan ini akan membantu untuk memastikan bahwa konten yang tidak orisinal dan berkualitas rendah tidak mendapat peringkat tinggi di Penelusuran, terutama untuk materi pendidikan online, hiburan, belanja, dan konten terkait teknologi,” tambah pengumuman itu.

menurut juru bicara Google, Jennifer Kutz, pembaruan peringkat pencarian umum bernama "Pembaruan Konten Bermanfaat" akan mulai diluncurkan secara global ke pengguna bahasa Inggris pada Senin, 22 Agustus.

Pembaruan kedua "untuk membuatnya lebih mudah untuk menemukan ulasan asli berkualitas tinggi" diharapkan dalam beberapa minggu mendatang. Raksasa teknologi itu juga telah mengubah peringkat ulasan produk berkali-kali sebelumnya, terakhir pada Desember 2021 dan Maret 2022.

Pembaruan ini mungkin sangat membantu bagi siapa saja yang menggunakan "peretasan" Reddit untuk menyaring situs web yang tidak membantu dalam hasil pencarian yang mendukung pengalaman manusia nyata.

Anda dapat melihat ini beraksi saat mencari ulasan perangkat keras. Misalnya, memulai pencarian Google untuk "Sony WH" di AS menyarankan dua hasil dengan "Reddit" di akhir yang mendukung kata "review" untuk headphone seri Sony WH-1000XM yang populer.

Meskipun posting blog Google tidak menyebutkan Reddit sebagai sumber untuk konten yang lebih personal dan otentik, sulit untuk tidak mengaitkannya dengan tren pencarian terkini.

Sebanding dengannya, browser web Brave merilis fitur baru yang juga memberikan peningkatan konten Reddit dan Stack Exchange. Ini dapat ditemukan di bawah bagian "Diskusi" tanpa harus menambahkan apa pun di akhir istilah pencarian.

Pengumuman untuk fitur browser ini menyinggung keyakinan bahwa "pencarian Google sedang sekarat" setelah mencatat bahwa lebih banyak orang beralih ke Reddit untuk mendapatkan ulasan otentik dan jawaban atas pertanyaan.

Google memberikan panduan bagi pembuat konten di blog Pusat Pencarian untuk memastikan mereka "membuat konten yang akan berhasil" setelah pembaruan baru perusahaan diluncurkan.