Komputer Pertama Apple-1 Tahun 1976 Buatan Steve Jobs dan Steve Wozniak Dilelang, Minimal Dihargai Rp7,48 Miliar
Apple 1, buatan tangan dari Steve Jobs dan Steve Wozniak, dilelang. (foto: dok. RR Auctions)

Bagikan:

JAKARTA – Sebuah item 'langka' dan 'bersejarah' dari Steve Jobs, pendiri Apple,  kini tengah dilelang.  Barang tersebut adalah papan sirkuit yang dilapisi chip dan kabel, dengan tulisan 'Apple Computer A ©76'.

Itu adalah prototipe untuk komputer Apple-1, produk pertama dari Apple, yang dulu dijual sebagai papan sirkuit rakitan dan tidak memiliki fitur dasar seperti keyboard atau monitor. Prototipe ini sedang dijual oleh RR Auction, sebuah rumah lelang yang berbasis di Boston.

Penawaran awal berada di kisaran 278.005 (Rp4,1 miliar) dan akan berakhir pada 19 Agustus. Namun rumah lelang itu mengantisipasi harga jual akhir dari item bersejarah ini minimal  500.000 dolar AS (7,48 miliar).

“Beberapa artefak Apple dapat dianggap langka, awal, atau bersejarah seperti prototipe Apple-1 ini,” kata RR Auction pada daftar halaman item lelang itu. “Ini adalah perwujudan sempurna dari simbiosis antara Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Silicon Valley, pengusaha brilian, Einstein elektronik, dan infrastruktur di mana mereka berkembang.”

RR Auction mengatakan item tersebut rusak, karena 'tekanan di kanan atas' sehingga 'retak', meskipun foto menunjukkan seluruh sudut kanan hilang.

Dari bagian yang hilang dianggap telah dibuang. Foto Polaroid dari tahun 1976, disediakan oleh RR Auction, untuk menunjukkan papan itu secara lengkap.

Menurut rumah lelang, kondisi dewan saat ini menunjukkan Jobs menganggap prototipe ini 'bukan sebagai sesuatu yang harus diabadikan, tetapi sebagai sesuatu yang harus digunakan kembali'.

Sirkuit terpadu, mikroprosesor, dan komponen lainnya telah dicabut dari soketnya, mungkin untuk digunakan pada komputer Apple-1 produksi awal.

RR Auction mengatakan prototipe telah diperiksa dan disahkan tahun ini oleh ahli Apple-1 Corey Cohen, yang telah menghasilkan laporan 13 halaman tentang item tersebut.

Pada tahun 1976, Jobs dan Wozniak menciptakan komputer Apple-1 dan mempresentasikannya di klub komputer di Palo Alto, California.

Prototipe telah disolder dengan tangan langsung oleh Wozniak, yang menggunakan teknik 'tiga tangan' – kawat di satu tangan, besi solder di tangan lainnya, dan solder dipegang di mulutnya.

Jobs kemudian menggunakan prototipe itu untuk mendemonstrasikan Apple-1 kepada Paul Terrell, pemilik The Byte Shop di Mountain View, California, salah satu toko komputer pribadi pertama di dunia.

Jobs dan Wozniak telah menyusunnya sebagai bagian dari kit do-it-yourself seharga 40 dolar AS untuk para penghobi. Namun atas permintaan Terrell, komputer itu menjadi komputer pribadi yang dirakit sepenuhnya.

Terrell membuat pesanan pembelian untuk lima puluh Apple-1, yang kemudian disebut Wozniak sebagai 'episode tunggal terbesar dalam semua sejarah perusahaan'.

“Tidak ada pada tahun-tahun berikutnya yang begitu hebat dan tak terduga,” kata salah satu pendiri Apple itu.

Apple-1 mulai dijual pada Juli 1976 dengan harga 666.66 dolar AS (Rp9,9 juta), karena Wozniak 'menyukai angka yang berulang', dan bukan sebagai referensi untuk nomor binatang itu.

Secara keseluruhan, hanya terdapat 200 komputer Apple-1 yang dibuat sebelum produk tersebut dihentikan pada tahun berikutnya, dimana terdapat 175 komputer ini telah terjual.

Prototipe ini berada di 'Apple Garage' – garasi di rumah masa kecil Steve Jobs yang merupakan tempat nongkrong para pendiri Apple. Barang ini tetap di sana selama bertahun-tahun, sebelum diberikan oleh Steve Jobs kepada pemiliknya saat ini, sekitar 30 tahun yang lalu.

Saat itu, Jobs telah digulingkan dari Apple dan memimpin perusahaan komputer lain yang telah ia dirikan, NeXT.

Jobs memang bergabung kembali dengan Apple pada tahun 1996 dan memimpin perusahaan melalui periode yang paling sukses, mengawasi peluncuran iMac G3, iPod, iPhone dan banyak lagi.