Bagikan:

JAKARTA - Apple Inc pada Rabu, 20 Juli  merilis laporan yang menguraikan strategi dua cabang di pasar kesehatan digital. Pertama mereka merayu konsumen dengan fitur kesehatan dan kebugaran. Di sisi lain mereka mulai terlibat dengan sistem perawatan kesehatan tradisional.

Dipelopori oleh chief operating officer Apple, Jeff Williams, laporan tersebut adalah pertama kalinya Apple menawarkan pandangan komprehensif tentang pendekatannya terhadap pasar perawatan kesehatan dalam delapan tahun sejak mulai merilis fitur kesehatan seperti sistem penyimpanan catatan medis di iPhone. Mereka juga mulai bermitra dengan institusi seperti Fakultas Kedokteran Universitas Stanford untuk melakukan studi medis formal skala besar.

Sebagian besar pekerjaan berpusat di sekitar Apple Watch, perangkat yang Williams sebut telah memainkan peran kunci dalam membawa ke pasar dan yang berisi sensor untuk kesehatan jantung dan fungsi lainnya.

Dalam laporan tersebut, Apple mengatakan fokusnya bagi konsumen adalah menyediakan tempat yang aman bagi pengguna untuk menyimpan informasi kesehatan dan medis mereka di iPhone. Apple berharap   dengan menggunakan alat seperti Apple Watch mereka dapat memperingatkan dan mendorong pengguna menuju kesehatan yang lebih baik.

Perangkat ini dapat memperingatkan orang tentang ketidakteraturan jantung dan mendeteksi ketika seseorang jatuh dengan keras untuk memperingatkan kontak darurat, di antara fitur-fitur lainnya. Apple mengatakan sistemnya sekarang dapat menyimpan 150 jenis data kesehatan berbeda yang dienkripsi sehingga hanya pengguna, bukan Apple, yang dapat mengaksesnya.

Perusahaan juga menguraikan pekerjaan yang dilakukan dengan peneliti medis untuk memungkinkan mereka menggunakan perangkat Apple untuk melakukan penelitian, serta memungkinkan pasien untuk berbagi dan mendiskusikan data yang dikumpulkan oleh perangkat Apple sehingga mereka dapat memantau kesehatan mereka dengan lebih baik di antara kunjungan dokter.

Williams menulis dalam laporannya bahwa Apple bermaksud untuk terus mengembangkan fitur terkait kesehatan untuk pengguna dan industri perawatan kesehatan.

"Visi kami untuk masa depan adalah terus menciptakan teknologi berbasis sains yang melengkapi orang dengan lebih banyak informasi dan bertindak sebagai penjaga cerdas untuk kesehatan mereka, sehingga mereka tidak lagi menjadi penumpang dalam perjalanan kesehatan mereka sendiri," tulis Williams, seperti dikutip Reuters.