Apple Punya Aplikasi untuk Deteksi Dini Infeksi Virus Corona
Tangkapan Layar aplikasi COVID-19 milik Apple (Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru-baru ini merilis sebuah aplikasi screening virus COVID-19. Aplikasi ini menawarkan informasi kepada penggunanya terkait gejala virus corona, baik untuk memeriksakan diri ke dokter atau cukup karantina dan menjaga jarak aktivitas sosialnya.'

Aplikasi ini sudah tersedia di App Store dan bisa diakses secara online. Pengguna iPhone dapat mengaksesnya dengan bertanya kepada aplikasi asisten pribadi Siri, 'Bagaimana saya tahu jika saya memiliki virus corona?' 

Nantinya secara otomatis, aplikasi ini akan memberikan jawaban yang sudah dirangkum bersama Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), dan Gedung Putih. Selanjutnya aplikasi ini akan mengajukan sejumlah pertanyaan lainnya mulai dari gejala pengguna, kapan perjalanan terakhir, sampai akhirnya mengidentifikasi tindakan apa selanjutnya yang akan dilakukan terkait COVID-19.

"Alat skrining tidak menggantikan instruksi dari penyedia layanan kesehatan atau bimbingan dari otoritas kesehatan negara bagian dan lokal," ujar Apple dalam keterangan resminya seperti dikutip dari Business Today.

Aplikasi COVID-19 ini adalah salah satu produk pertama yang dirilis secara luas sebagai hasil dari upaya pemerintah federal memanfaatkan jangkauan perusahaan teknologi besar dalam memerangi penyebaran virus corona. Termasuk pula tindakan medis cepat bila membutuhkan bantuan darurat dari 911.

Apple menjamin aplikasinya ini tidak melibatkan dalam pengumpulan data apa pun, terlebih buat mereka yang khawatir akan keamanan data pribadi. Sebab aplikasi ini tidak meminta penggunanya untuk menginput Apple ID atau infomasi selain COVID-19.

“Untuk membantu meningkatkan situs, Apple mengumpulkan beberapa informasi tentang bagaimana Anda menggunakannya. Informasi yang dikumpulkan tidak akan mengidentifikasi Anda secara pribadi. Itu juga tidak meminta akses lokasi, sehingga aplikasi tidak akan memberi Anda rekomendasi lokal," jelas pihak Apple.

Tangkapan Layar aplikasi COVID-19 milik Apple (Apple)

Tidak hanya melakukan screening, aplikasi ini juga berfungsi menjawab pertanyaan yang sering diajukan tentang penyakit COVID-19 dengan informasi resmi dari CDC. Informasi yang sama akan tersedia di situs INI, yang dapat diakses oleh pengguna PC Windows, ponsel Android dan perangkat non-Apple lainnya.

Sebelumnya, Apple juga telah memperbarui fitur pada Siri yang dapat memberikan informasi pertanyaan seputar COVID-19. Bahkan dapat mendeteksi apakah penggunanya mengidap penyakit virus tersebut. Informasi didapatkan melalui CDC dan sumber lainnya yang terverifikasi.