Gedung Putih Bocorkan Rencana Tesla Buka Supercharger-nya untuk Semua EV, Elon Musk Masih Bungkam
Supercharger Tesla akan dibuka untuk mobil Non-Tesla. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla berencana untuk membuka jaringan Supercharger, stasiun pengisian daya listrik miliknya untuk kendaraan listrik non-Tesla di AS pada akhir 2022. Hal ini dijelaskan dalam memo dari Gedung Putih, pekan lalu.

Perusahaan ini telah mengizinkan EV non-Tesla untuk menggunakan colokan Supercharger-nya di beberapa kota di Eropa sebagai bagian dari program percontohan terbatas. Namun mereka tidak menyebutkan kapan stasiun pengisian daya di AS juga akan tersedia untuk pemilik EV non-Tesla.

Sebuah "lembar fakta" yang diterbitkan oleh Gedung Putih pada 28 Juni dan diperhatikan oleh InsideEVs menunjukkan bahwa pemilik EV tersebut mungkin dapat menggunakan Supercharger segera setelah akhir tahun ini.

“Akhir tahun ini, Tesla akan memulai produksi peralatan Supercharger baru yang akan memungkinkan pengemudi EV non-Tesla di Amerika Utara untuk menggunakan Tesla Supercharger,” kata Gedung Putih, seperti dikutip The Verge.

Ini adalah langkah yang dianggap populis karena Tesla tidak memonopoli lagi stasiun pengisian daya miliknya.

Tesla sendiri tidak menanggapi email yang meminta konfirmasi rencana ini. Tidak jelas apakah Gedung Putih dengan sengaja mengambil pengumuman Tesla sendiri tentang proyek ini. Elon Musk, CEO Tesla, selama ini dikenal sangat “memusuhi” Presiden Joe Biden. Sementara Presiden AS itu sendiri telah berusaha keras untuk menghindari menyebutkan Tesla, sambil menggembar-gemborkan rencana elektrifikasi industri otomotif.

Jaringan Supercharger Tesla sering dianggap sebagai contoh terbaik dari jaringan pengisian EV: cepat, andal, dan berlimpah. Namun selama bertahun-tahun, jaringan Tesla ini hanya eksklusif untuk pemilik Tesla, yang berarti seseorang yang mengendarai kendaraan plug-in Volkswagen, Ford, atau Chevy tidak akan dapat menggunakannya.

CEO Tesla Elon Musk selama bertahun-tahun, telah berbicara tentang keinginannya membuka Supercharger-nya ke kendaraan listrik perusahaan lain. Tahun lalu, Tesla mulai melakukan hal itu, di Norwegia dan akhirnya berkembang ke Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris.

Jika versi AS dari program percontohan bekerja sama seperti di Eropa, pemilik EV non-Tesla perlu mengunduh versi terbaru aplikasi ponsel pintar Tesla untuk mengakses stasiun mereka. Mereka juga akan diminta untuk memilih “Charge Your Non-Tesla” untuk menemukan situs Supercharger terdekat yang berpartisipasi.

Pemilik Tesla masih dapat menggunakan stasiun seperti biasa. Perusahaan telah mengatakan akan memantau dengan cermat setiap lokasi untuk kemacetan dan masalah lainnya.

Tesla menggunakan konektor berpemilik di Amerika Utara, jadi kendaraan non-Tesla di sini akan memerlukan adaptor untuk mengakses Supercharger perusahaan, yang ada lebih dari 6.798 colokan di AS, menurut Departemen Energi. Sementara Tesla mengklaim telah memiliki 35.000 colokan Supercharger secara global.

Ada sekitar 41.000 stasiun pengisian umum, termasuk Supercharger, di Amerika Serikat, dengan lebih dari 100.000 outlet. Pemerintahan Biden mengatakan akan menghabiskan 5 miliar dolar AS (Rp 74,8 triliun) untuk meningkatkan jumlah itu menjadi 500.000 pengisi daya pada tahun 2030.

Menurut standar baru yang ditetapkan oleh Gedung Putih, dana pemerintah federal hanya akan tersedia untuk memasang port pengisian daya yang dapat digunakan oleh sebagian besar pemilik kendaraan.