Anak-anak dan Remaja Lebih Banyak Habiskan Waktu Menonton TikTok
Anak-anak dan remaja lebih banyak menghabiskan waktu untuk TikTok dan YouTube (foto: iStock)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak pertama kali TikTok diluncurkan pada 2020 lalu, pengguna aplikasi video pendek ini kian meledak sering berjalannya waktu. 

Berdasarkan data dari perangkat lunak pengontrol orang tua Qustodio kepada TechCrunch, sejak tahun 2020, TikTok dan YouTubKe menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh anak-anak berusia 4 tahun hingga remaja berusia 18 tahun. 

Pada saat itu, untuk pertama kalinya penggunaan YouTube dikalahkan oleh TikTok dengan rata-rata penggunaan 82 menit per hari. Sedangkan rata-rata penggunaan YouTube adalah 75 menit per hari. 

Meningkat pada akhir tahun 2021, anak-anak dan remaja menonton konten TikTok rata-rata hingga 91 menit per harinya. Berbeda dengan penonton YouTube yang hanya 56 menit per hari, secara global. 

Qustodio mendapatkan data tersebut berdasarkan data dari 400.000 keluarga yang memiliki akun Qustodio untuk pemantauan orang tua. Data ini mewakili penggunaan aplikasi dan situs web mereka di dunia nyata, dan bukan perkiraan.

Tidak diragukan lagi, menyadari perubahan konsumen terhadap konten, itu sebabnya beberapa perusahaan seperti Snap dan Meta, mengadopsi konten video pendek seperti TikTok di aplikasinya. 

Dalam kasus YouTube, ada YouTube Shorts, platform video pendek yang diyakini perusahaan akan terbukti menjadi mesin penemuan yang akan mengarahkan pengguna ke produk jangka panjangnya.

Perusahaan juga baru-baru ini mengatakan bahwa penonton YouTube Shorts telah melampaui 1,5 miliar pengguna bulanan yang masuk.