Hyundai Rilis Mobil Listrik Sports Berbasis Mesin Ioniq 5
Hyundai luncurkan mobil listrik sport. (foto: dok.hyundai)

Bagikan:

JAKARTA - Hyundai berusaha untuk menjaga budaya mobil tetap hidup dengan dua konsep kendaraan listrik (EV) yang berfokus pada kinerja yang disebutnya "laboratorium bergulir." Mobil model RN22e menampilkan bodi Ioniq 6 yang dimodifikasi, dan N Vision 74 dimodelkan setelah konsep Pony Coupe 1974 yang tidak pernah dirilis. Namun keduanya menampilkan desain sporty yang menyegarkan yang tidak terlihat seperti semacam pod futuristik.

Kedua konsep tersebut berasal dari sub-merek “N” Hyundai, yang berfokus pada kendaraan berperforma tinggi. N Vision 74 adalah yang paling mencolok dari keduanya, dan menampilkan desain yang menarik elemen dari Hyundai N Vision Gran Turismo 2025 dan konsep Pony Coupe 1974 yang awalnya dirancang oleh Giorgetto Giugiaro yang ikonik. Kini pria yang sama yang melanjutkan ke membuat DMC DeLorean.

Tapi iterasi ini menukar mesin bertenaga gas dengan sistem sel bahan bakar hidrogen hibrida yang mampu mendorong mobil lebih dari 250 kpj (155mph). Ada juga baterai 62,4 kWh dengan kemampuan pengisian cepat 800V, serta jangkauan mengemudi lebih dari 372 mil(600 km).

Ini bukan upaya pertama Hyundai untuk membuat model EV setelah Pony. Pada tahun 2019, Hyundai memamerkan konsep 45 EV yang seharusnya memberi penghormatan kepada mobil klasik. Hyundai kemudian mengubah hatchback Pony era 70-an menjadi EV dan melengkapinya dengan banyak elemen retro-memenuhi-modern yang keren.

RN22e tidak begitu mencolok seperti N Vision 74, tetapi masih cukup ramping. Ini menggunakan desain streamliner aerodinamis yang sama dengan Ioniq 6 yang baru saja diperkenalkan perusahaan minggu lalu, yang memungkinkan kinerja yang lebih efisien.

Menurut Hyundai, RN22e memiliki baterai 77.4kWh dengan kemampuan multi-charging 400 atau 800V yang cepat, serta kecepatan maksimum lebih dari 250kph (155mph). Dan jika Anda ingin menikmati apa yang digambarkan Hyundai sebagai "pengalaman berkendara yang emosional", Anda dapat memanfaatkan fitur N Sound Plus RN22e yang menghasilkan suara mesin palsu saat Anda mengemudi.

Menurut The Verge, Hyundai telah mendorong keluar beberapa mobil konsep yang mengesankan akhir-akhir ini, seperti restomod EV badass. Belum diketahui apakah salah satu dari mobil konsep ini akan diproduksi secara massal namun sejauh ini Hyundai N merilis EV pertamanya, Ioniq 5 N, pada tahun 2023.