Kapitalisasi Pasar <i>Stablecoin</i> DAI Ancam Posisi Dogecoin
Kripto Dogecoin DOGE. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Dogecoin (DOGE) yang kini menempati kripto nomor 10 berdasarkan kapitalisasi pasarnya, terancam marketcap stablecoin DAI yang terus meningkat.

DOGE masih mampu mempertahankan posisinya sebagai mata uang kripto terbesar ke-10 dengan nilai pasar 8,16 miliar dolar AS. Sedangkan DAI menempati peringkat ke-11 dengan kapitalisasi pasar 6,92 miliar dolar AS.

Sebagai informasi, stablecoin terbesar yang terdesentralisasi adalah Dai. Stablecoin tersebut diluncurkan pada tahun 2017. DAI didukung oleh MakerDAO, sebuah organisasi otonom terdesentralisasi yang memperdagangkan simpanan pengguna dari wrapped Bitcoin (wBTC), Ethereum (ETH) dan hampir 30 cryptocurrency lainnya untuk koin stabil DAI.

Pasca keruntuhan Terra (LUNA) dan TerraUSD (UST) pada Mei lalu, kemudian menyusul Celsius yang belum lama ini bermasalah, DAI mempunyai daya tariknya sendiri di tengah penurunan market kripto.

Pada awal Juli ini platform peminjaman kripto Celsius telah membayar utangnya kepada protokol Maker (MKR). Ini menunjukkan upaya Celsius yang berupaya keras menghindari keruntuhan total perusahaan di tengah mencuatnya rumor kebangkrutan.

Menurut data dari penjelajah keuangan terdesentralisasi, DeFi Explorer, menunjukkan bahwa sejak 1 Juli, Celsius telah membayar kembali hutangnya sebesar 142,8 juta dolar AS dalam bentuk DAI lewat empat kali transaksi terpisah. Kendati begitu, Celsius masih punya utang kepada Maker sebesar 82 juta dolar AS.

Di sisi lain, koin meme Dogecoin masih kuat di posisi 10 ranking kripto CoinMarketCap. DOGE yang mendapat dukungan besar dari sejumlah tokoh besar seperti Elon Musk, Snoop Dogg, Mark Cuban, dan lainnya telah menjadi mata uang kripto yang didukung oleh masyarakat global.

Baru-baru ini DOGE dijadikan sebagai alat pembayaran di Amerika Serikat, tepatnya di salah satu perusahaan milik Elon Musk, The Boring Company. Perusahaan tersebut memiliki sistem transit jalanan bawah tanah Loop untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalanan utama.

Loop yang terletak di Las Vegas menjadi alternatif utama bagi para pengemudi yang ingin terhindar dari padatnya lalu lintas perkotaan.