Jim Cramer: <i>Cryptocurrency</i> Tidak Melindungi Anda dari Apa Pun
Jim Cramer sebut Cryptocurrency tidak ditopang oleh aset fisik. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu pendiri situs berita finansial dan literasi keuangan Thestreet.com, Jim Cramer membagikan pandangannya terkait kripto dan perjuangan The Fed dalam memerangi inflasi. Dalam acara Mad Money CNBC, Cramer blak-blakan terkait kondisi saat ini.

Tidak hanya kripto, dia juga menyinggung pasar saham yang menatatkan kinerja buru belakangan ini. Cramer berpendapat bahwa “kripto tidak melindungi Anda dari apa pun, sama sekali.”

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa The Fed mencoba melenyapkan cryptocurrency “untuk menjinakkan inflasi.” Di sisi lain, Cramer juga berpendapat bahwa inflasi mulai menggerogoti berbagai harga produk lain di dunia nyata termasuk perumahan, komoditas, ritel, transportasi, upah, dan keuangan.

“Saya pikir The Fed mulai membuat kemajuan nyata dalam memerangi inflasi, dan saya salut kepada mereka,” ujar Crammer.

“Ada satu front dalam perang melawan inflasi yang merupakan kemenangan total yang luar biasa bagi The Fed, dan itu adalah pertempuran melawan spekulasi keuangan,” tambahnya.

Cramer menunjukkan bahwa sektor kripto telah mengalami pukulan besar dalam beberapa minggu terakhir, mengutip bahwa beberapa perusahaan kripto besar menghadapi krisis sehingga mereka terpaksa memberhentikan karyawan. Dia juga memperingatkan investor terkait pemberi pinjaman kripto yang menawarkan pengembalian dana dalam jumlah yang “keterlaluan.”

“Saya tahu pemilik saham yang menyedihkan menyukai perusahaan, tetapi penurunan crypto ini adalah ibu dari semua kesengsaraan,” ujarnya.

Selanjutnya, Cramer menyebut bahwa kripto tidak ditopang oleh aset nyata. Karenanya dia menuding kripto sebagai “kebalikan dari simpanan nilai yang stabil.” Belum lama ini Cramer mengharapkan harga Bitcoin turun lebih dalam lagi hingga level 12.000 dolar AS per BTC.