Bagikan:

JAKARTA - Sony yang terkenal dengan konsolnya kini sudah menghadirkan lima generasi PlayStation. Saat ini, PS5 lah yang menjadi konsol versi terbarunya. PS5 dirilis pertama kali pada November 2020.

Meski begitu, tidak sedikit juga rental PS yang menyediakan PS3 untuk dimainkan. Namun, tampaknya penggunaan PS1 dan PS2 sudah ketinggalan jaman. 

PS2 dirilis pertama pada tahun 2000, dan sudah terjual 155 juta unit semasa hidupnya. PS2 sudah menemani para pemainnya selama lebih dari 13 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, PS2 sudah memiliki 4.000 gim yang bisa Anda mainkan. 

Beberapa judul PS2 yang akan VOI sebutkan kali ini mungkin bisa membuat Anda bernostalgia ketika memainkannya. 

  • Grand Theft Auto: San Andreas

Siapa yang tidak pernah memainkan gim ini, GTA: San Andreas bisa dibilang salah satu gim legend dari PS2. Dengan berbagai cheat yang bisa digunakan seperti Cheat polisi damai, uang unlimited, dan beragam cheat lainnya bisa buat Anda mengenang masa lalu ketika Anda mencoba membuat onar di kota. 

Seiring berkembangnya jaman, saat ini, generasi GTA yang terbaru yang bisa Anda mainkan di PS5 adalah Grand Theft Auto V (GTA 5), dengan visual yang lebih nyata dan grafis yang lebih mulus. 

  • Metal Gear Solid 3: Snake Eater

Metal Gear Solid juga muncul di PS1, namun kemudian perancang gim nya, Hideo Kojima merilis Metal Gear Solid 3 untuk PS2. Gim ini bisa dikatakan dengan gim terbaik sepanjang masa. 

Sebagai prekuel dari semua gim dalam serial Metal Gear, gim ini berkisah tentang prajurit bernama Naked Snake. Dia ditugaskan untuk menyusup hutan Rusia, menyelamatkan seorang ilmuwan, menyabotase sebuah senjata eksperimental, serta menghabisi mantan bosnya.

  • Bully

Bully dirilis oleh Rockstar Games, yang menggunakan sedikit bumbu-bumbu mirip dengan GTA, namun hanya berlokasi di lingkungan sekolah saja. 

Dalam gim ini, Anda akan bermain sebagai  James "Jimmy" Hopkins, seorang pemuda yang dipaksa masuk ke sekolah bernama Bullworth Academy oleh orang tuanya.

Selama permainan, Anda akan diminta untuk memasuki kelas untuk mendapatkan nilai serta diberikan misi-misi tambahan seputar sekolah. 

  • Resident Evil 4

Resident Evil 4 merupakan gim survival horror yang diluncurkan oleh Capcom pada tahun 2005. Dalam gim ini, Leon S. Kennedy menjadi tokoh utama yang dikirim ke desa terpencil untuk menyelamatkan putri presiden AS. Di sana, Anda akan bertemu dengan penduduk desa yang berbahaya dan sekte yang menakutkan. 

  • God of War 2

Dengan melihat kesuksesan God of War, Sony akhirnya merilis God of War 2 untuk PS2 pada 2007. Gim ini berkisah tentang Kratos, yang menjadi Dewa Perang usai membunuh pendahulunya Ares. 

Seperti seri sebelumnya, God of War 2 menawarkan gaya permainan yang sama, di mana pemain harus mengalahkan setiap musuh.

  • Silent Hill 2

Gim Silent Hill pertama dirilis untuk PS1, dalam seri sebelumnya gim ini menunjukkan suasana kota Silent Hill yang menakutkan dan mencekam. Namun tidak berhenti disitu, ketakutan itu masih berlanjut ke Silent Hill 2 yang dirilis untuk PS2. 

Silent Hill 2 menjadi sekuel dari seri pertama, gim ini menjadi masterpiece dalam gim bergenre horor. Dalam gim ini, Anda akan bermain sebagai James yang mendapat surat dari istrinya yang sudah meninggal. 

Surat itu kemudian membawa James ke kota Silent Hill, dan meminta Anda untuk memecahkan misteri agar bisa keluar dari kota menyeramkan itu.

Beberapa gim dari judul yang disebutkan di atas bisa dimainkan di ponsel seperti Bully, GTA: San Andreas. Anda bisa mengunduhnya di Play Store dengan harga tertentu. 

Mungkin permainannya tidak sama dengan yang Anda harapkan saat bermain di PS2, namun itu bisa jadi alternatif ketika Anda ingin mengingat masa lalu.