Pasar Mulai Jenuh dan Inflasi,  AMD Prediksi Pelambatan Penjualan PC Tahun Ini
Penjualan komputer rumahan mulai turun karena pasar jenuh. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Chief Executive Officer Advanced Micro Devices Inc Lisa Su pada Kamis, 9 Juni menandai perlambatan penjualan di komputer pribadi (PC) tahun ini setelah dua tahun "pasar PC yang sangat kuat".

Su, pada hari analis perusahaan chip, mengatakan sementara penurunan itu wajar setelah periode tinggi yang lama, pasar komputer untuk kinerja tinggi dan komputasi adaptif adalah "hebat".

Dalam laporan Reuters, Perusahaan riset Canalys mengatakan dalam sebuah catatan minggu lalu bahwa permintaan untuk segmen PC konsumen dan pendidikan semakin melambat karena kejenuhan pasar dan kekhawatiran terhadap inflasi, setelah melaporkan pengiriman PC AS kuartal pertama mengalami penurunan kuartal ketiga berturut-turut.

Sebaliknya, AMD mengatakan pada  Kamis lalu bahwa mereka telah melihat peningkatan "luar biasa" dalam permintaan untuk komputasi awan, chip pusat data dan yang digunakan dalam aplikasi kecerdasan buatan.

Perusahaan mengharapkan margin kotor lebih dari 57% dalam waktu dekat dan margin operasi di kisaran pertengahan 30%. Pada kuartal pertama, perusahaan melaporkan margin kotor 48% dan margin operasi 16%.

Pada bulan Mei, AMD mengatakan mereka memperkirakan margin kotor non-GAAP untuk tahun 2022 menjadi sekitar 54%, sementara memperkirakan pendapatan setahun penuh dan kuartal kedua lebih tinggi dari perkiraan Wall Street.