iFixit Sekarang Jual Suku Cadang untuk Bantu Anda Perbaiki Steam Deck Mandiri
iFixit menjual suku cadang untuk Steam Deck (foto: iFixit)

Bagikan:

JAKARTA - Adanya layanan perbaikan mandiri Steam Deck memang akan lebih mudah. Apalagi Steam Deck memiliki desain yang ramah perbaikan, sehingga pemiliknya dapat dengan mudah memperbaiki sendiri.

Namun, lebih lengkap lagi ketika pemilik Steam Deck dapat dengan mudah menemukan suku cadangnya. 

Pada Jumat, 20 Mei, iFixit menerbitkan daftar komponen yang ditawarkan untuk perangkat genggam Valve satu ini. 

Daftar tersebut mengungkapkan rencana perusahaan untuk menjual untuk hampir semua komponen yang ada di dalam Stam Deck, termasuk motherboard pengganti lengkap dengan chipset Aerith kustom genggam dari AMD.

The Verge menunjukkan bahwa perusahaan bahkan akan menjual suku cadang yang dapat dianggap sebagai peningkatan, contohnya jika Anda memiliki model 64 GB atau 256 GB, Anda dapat membeli layar varian lebih besar yaitu 512 GB. 

Untuk penggantian panel apapun, Anda juga dapat membelanjakan tambahan 5 dolar AS (Rp70 ribu) untuk mendapatkan "Perbaiki Kit" yang dilengkapi dengan semua alat yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pertukaran layar.

Namun, ada salah satu komponen yang belum akan dijual oleh iFixit, yaitu adalah baterai pengganti. iFixit akan menawarkannya dikemudian hari. 

"Kami tidak memiliki solusi untuk perbaikan baterai pada hari pertama, tetapi kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Valve untuk memelihara perangkat ini seiring bertambahnya usia,” kata CEO iFixit Kyle Wiens berbicara kepada The Verge. “Penggantian baterai akan menjadi penting untuk membuat Steam Deck bertahan dalam ujian waktu.”

Suku cadang lain yang tidak akan tersedia pada hari pertama termasuk penggantian touchpad dan tombol muka Steam Deck. 

Sebagian besar komponen dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari 20 dolar AS (Rp280 ribu) untuk memperbaiki joystick yang rusak. 

Sedangkan bagian paling mahal adalah motherboard baru, yang akan membuat kocek Anda sebesar 350 dolar AS (Rp4,9 juta). Dan untuk perangkat genggam lengkap dari Valve mulai dari 400 dolar AS (5,6 juta).

Membangun Steam Deck sendiri dengan suku cadang dari iFixit dapat dikatakan lebih ekonomis. Namun, jika hampir sebagian besar komponen rusak, lebih baik Anda memperbaikinya ke ahli.