Apple Glass AR Bakal Pakai Layar Microdisplay Milik Sony
Kacamata Apple Glass (MacRumors)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akan segera memperkenalkan kacamata pintarnya pada 2022 mendatang. Perangkat bernama Apple Glass ini akan menghadirkan pengalaman Augmented Reality (AR) maupun Virtual Reality (VR) penggunanya. 

Mengutip dari laman MacRumors, kacamata pintar milik Apple ini akan menggunakan panel OLED buatan Sony. Panel layar beresolusi 1.280x960 dengan ukuran 0,5 inci tersebut diklaim dapat menghasilkan tampilan gambar yang tajam. 

"Apple berencana untuk mengejar produksi kacamata AR/VR dengan mengunakan teknologi microdisplay Sony," kata pakar industri layar Ross Young, seperti diberitakan Nikkan Kogyo Shinbun, Jumat, 23 Oktober.

Menurut laporan Young, panel layar di Apple Glass akan memiliki rasio kontras 100.000: 1, dengan kecepatan respon 0,01ms atau kurang. Sedangkan gamut warna yang dihasilkan memiliki saturasi pencahayaan yang tinggi namun rendah reflektansi, sehingga cocok untuk Apple Glass. 

Tampilan kontras AR/VR di Apple Glass (MacRumors)

Microdisplays buatan Sony juga memiliki driver terintegrasi untuk desain yang tipis dan ringan, bahkan mendukung teknologi hemat daya yang bisa membuat masa pakai baterai lebih lama. 

Sementara menurut AppleInsider, raksasa cupertino itu baru saja mendaftarkan paten untuk desain dari kacamata pintarnya. Dalam dokumen itu disebutkan Apple membuat perangkat elektronik yang dapat dikenakan di kepala, layaknya kacamata.