Vuzix Hadirkan Kacamata <i>Stylish</i> yang Bisa Tampilkan Peta Virtual
Vuzix Smart Glasses (Vuzix/YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Vuzix, perusahaan pembuat perangkat wearable dan augmented reality (AR) hadir lagi dalam ajang CES 2021. Perusahaan asal Amerika Serikat ini menampilkan perangkat kacamata pintar terbarunya.

Smart glasses baru itu ditenagai oleh teknologi microLED, hasil kerja sama dengan perusahaan asal China, Jade Bird Display. Belakangan ini, layar microLED mulai banyak digunakan sebagai alternatif dari layar OLED.   

Teknologi ini mampu menampilkan layar berukuran kecil dan cukup kuat untuk ditempatkan di kedua sisi kacamata pintar. Vuzix mengklaim bahwa perangkat ini mirip perangkat lain yang nyaman digunakan di depan umum untuk keperluan sehari-hari.

Perangkat ini dikombinasikan dengan teknologi waveguide dan mesin optik untuk pemetaan gambar ke dalam kaca. Hasilnya cukup mengesankan, perangkat bisa memproyeksikan gambar stereoskopis monokrom atau warna gambar pada kedua lensa dalam berbagai resolusi.   

Vuzix mengatakan bahwa kacamata pintar ini bisa mendukung Wi-Fi, opsi LTE, speaker stereo, dan peredam suara bising. Perangkat ini juga hadir dengan  dukungan kontrol gestur melalui sistem operasi iOS dan Android. Perangkat ini akan dirilis pada musim panas seperti yang dikutip dari TechCrunch.

Berhubung ajang CES tahun ini diadakan secara virtual, jadi smartglass ini belum bisa diujicoba oleh pelanggan untuk membuktikan tingkat kenyamanan dan kualitas gambar yang ditampilkan pada lensanya.

Melansir TheVerge, Vuzix tidak membidik konsumen yang menggunakan  perangkat seperti Google Glass hanya untuk mendapat kesan pertama seberapa baik perangkat tersebut digunakan. Kacamata pintar Vuzix ini ditujukan untuk perusahaan.

Sejumlah perusahaan lain juga mengembangkan perangkat kacamata pintar, seperti Microsoft HoloLens, generasi kedua Google Glass, dan kacamata AR Magic Leap. Sedangkan Facebook, diam-diam terus menggelontorkan dananya untuk pengembangan perangkat VR-nya yang bernama Oculus.

Tidak berhenti sampai di situ saja, persaingan perangkat berbasis AR dan VR juga turut diramaikan oleh Amazon yang menghadirkan Echo Frames-nya. Ditambah lagi dengan beredarnya rumor yang mengatakan bahwa Apple juga akan merilis perangkat AR atau smart glasses-nya dalam waktu dekat.