TikTok akan Jelaskan Penyebab Video Pengguna Tiba-Tiba Dihapus
Ilustrasi TikTok (Konkarampelas / Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok memperbarui pedoman komunitas di platform-nya. Hal ini dilakukan untuk menjaga aplikasi sosial media populer itu tetap aman dan bisa diperginakan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Dalam postingan blog resminya, salah satu poin yang akan diatur secara spesifik mengenai penghapusan konten video oleh TikTok. Di mana TikTok akan memberikan penjelasan detail mengapa video tersebu dihapus. 

"Sasaran kami adalah meningkatkan transparansi dan pendidikan seputar Pedoman Komunitas kami untuk mengurangi kesalahpahaman tentang konten di platform kami," ungkap TikTok seperti dilansir dari The Verge, Jumat, 23 Oktober.

Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi pesan yang berisikan penjelasan TikTok mengenai alasan mengapa konten tersebut dihapus. TikTok meyakini penjelasan spesifik dari pedoman komunitas di Platformnya dapat mengurangi tingkat pelanggaran berulang.

Di mana berdasarkan riset TikTok, total kesalahan pengguna yang melanggar pedoman komunitas meningkat hampir tiga kali lipat. Hal tersebut rupanya membuat TikTok cukup sering menghapus konten-konten pengguna yang melanggar di platformnya. 

"Kami percaya ini membantu menumbuhkan pemahaman yang lebih baik tentang jenis konten positif dan perilaku ramah yang membuat komunitas kami berkembang," ujar TikTok.

Notifikasi pesan pelanggaran dari TikTok (dok. TikTok)

Jika ada pengguna yang merasa tidak melanggar pedoman komunitas, namun kontennya telah terhapus dapat mengajukan banding ke TikTok. Di mana TikTok akan mempertimbangkan kembali konten yang telah dihapus.