Instagram Punya Fitur Badges untuk Para Konten Kreator
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengujinya dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya Instagram secara resmi meluncurkan fitur Badges. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna atau kreator untuk menghasilkan pendapatan dari penjualan lencana saat mereka melakukan Live Badges streaming di akun Instagram-nya.

Mengutip Neowin, Rabu 21 Oktober, fitur Badges ini tentu saja menjadi ladang pencarian uang bagi para kreator, bahkan mereka juga dapat memanfaatkan ini sebagai bentuk donasi. Lencana itu berbentuk hati.

Instagram mengatakan fitur Badges itu akan muncul di samping komentar ketika pemberi komentar telah membayar untuk membeli lencana tersebut. Lencana ini mulai dari 0,99 dolar Amerika Serikat (AS) untuk satu hati, hingga 4,99 dolar AS untuk mendapatkan tiga lencana.

"Para konten kreator mayoritas mendedikasikan hidupnya lewat fitur ini (Instagram Live). Itu sangat penting bagi kami untuk memungkinkan mereka dapat menghasilkan uang dari konten yang mereka tampilkan," ungkap COO Instagram, Justin Osofsky.

Fitur Live Badges di Instagram (dok. Instagram)

"Ini adalah upaya kami untuk menjadikan Instagram sebagai platform bagi para kreator konten untuk membagikan cerita mereka, meraup banyak followers, dan menghasilkan uang," imbuhnya.

Nantinya, proses pembayaran Live Badges itu serupa dengan pembayaran pada Super Chat milik YouTube dan streamer gim Stars Facebook. Awalnya, Instagram tidak berniat untuk mengambil keuntungan dari fitur ini, tetapi pada akhirnya ia melakukannya juga.

Platform media sosial milik Facebook itu melihat peningkatan sekira 70 persen dalam penayangan streaming langsung dari Februari hingga Maret, dimana orang-orang mencari lebih banyak cara untuk mengonsumsi konten dan terhubung selama penguncian COVID-19.

Mengingat peningkatan tersebut, masuk akal bagi Instagram untuk berupaya lebih menarik para pengguna agar terus menyiarkan, dan lencana akan menambah insentif tambahan untuk mereka.

Untuk sementara lencana berbayar Instagram ini baru diluncurkan di AS, Prancis, Inggris, Jerman, Italia, Turki, Spanyol, Brasil, Meksiko, Australia, dan Jepang lebih dahulu. Sementara waktu, Instagram akan mencocokkan penghasilan dari lencana mulai bulan depan.

Sementara, fitur Badges akan menjadi pertimbangan yang lebih besar saat ini, sebab TikTok lebih dahulu mendapatkan audiens mereka, serta kemungkinan akan terus berusaha memaksimalkan potensi pendapatan para kreatornya melalui hal yang sama.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika TikTok akan penantang terberat Instagram. Mengingat platform tersebut juga sedang mengembangkan alat dan opsi untuk memonetisasi konten video yang diunggah ke TikTok.