Kebijakan App Store Terbaru dari Apple Terapkan Persyaratan Penghapusan Akun yang Mudah Mulai 30 Juni
Apple mulai berlakukan persyaratan penghapusan akun mulai 30 Juni (Foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Selama acara World Wide Developer Conference (WWDC) 2022, Apple menetapkan banyak perubahan kebijakan untuk App Store. Sekarang, Apple mengingatkan pengembang bahwa mereka siap untuk mengaktifkan beberapa pembaruan kebijakan yang sebelumya tertunda.

Ada dua perubahan aturan App Store yang akan berlaku mulai 30 Juni, yaitu persyaratan bahwa aplikasi yang menawarkan layanan grup online berbayar menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasinya, dan persyaratan yang mewajibkan pengembang menawarkan penghapusan akun dengan mudah.

“Sebagai pengingat, aplikasi yang mendukung pembuatan akun harus mengizinkan pengguna memulai penghapusan akun mereka di dalam aplikasi mulai 30 Juni 2022, seperti yang dijelaskan dalam Pedoman Tinjauan App Store 5.1.1(v),” tulis Apple dalam pengumuman resminya dikutip Rabu, 25 Mei.

Pedoman Tinjauan App Store 5.1.1(v) itu menyangkut penyederhanaan penghapusan akun. Artinya, aplikasi yang mendukung pembuatan akun harus menawarkan cara untuk menghapus akun yang sama di dalam aplikasi.

Awalnya, perubahan aturan ini akan ditetapkan pada 31 Januari, tapi Apple memberi perpanjangan waktu yang dimaksudkan untuk memberikan waktu tambahan bagi pengembang untuk mengimplementasi persyaratan ini.

Apple mengingatkan pengembang bahwa opsi penghapusan akun harus mudah ditemukan, dan pengguna harus dapat menghapus akun beserta data pribadinya. Apple juga mengingatkan beberapa syarat yang harus diperhatikan saat Anda ingin memperbarui aplikasi Anda.

  • Opsi penghapusan akun harus mudah ditemukan di aplikasi Anda.
  • Jika aplikasi Anda menawarkan Masuk dengan Apple, Anda harus menggunakan Masuk dengan Apple REST API untuk mencabut token pengguna saat menghapus akun.
  • Tidak cukup hanya menyediakan kemampuan untuk menonaktifkan atau menonaktifkan akun untuk sementara. Orang-orang harus dapat menghapus akun bersama dengan data pribadi mereka.
  • Aplikasi di industri yang sangat diatur dapat memberikan alur layanan pelanggan tambahan untuk mengonfirmasi dan memfasilitasi proses penghapusan akun.
  • Ikuti persyaratan hukum yang berlaku untuk menyimpan dan menyimpan informasi akun pengguna, dan untuk menangani penghapusan akun. Ini termasuk mematuhi undang-undang setempat di berbagai negara atau wilayah. Seperti biasa, tanyakan kepada penasihat hukum Anda.